16 January 2022, 16:27 WIB

Pengusaha Sebut Langkah Jokowi Siapkan SDM Digital Akurat


Mediaindonesia.com | Ekonomi

PEMERINTAHAN Presiden Joko Widodo bergerak cepat melakukan transformasi digital melalui berbagai kebijakan. Mulai dari membentuk Digital Leadership Academy untuk pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM), hingga program Kampus Merdeka. 

Langkah transformasi digital ini diharapakan menjadi solusi strategis dari pemerintah untuk mampu mewujudkan Indonesia yang berdaulat dan memiliki SDM yang unggul. Sehingga visi besar Indonesia Emas 2045 bisa terwujud. 

Pengusaha yang Ketua Asosiasi Mall Malang Raya Suwanto juga mengamati langkah pemerintah dalam mengembangkan SDM saat ini. Dia memuji gerak cepat pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dalam melakukan transformasi digital. 

“Saya kira (kebijakan Jokowi) sudah cukup on the track ya. Apalagi sekarang memang distribusi terjadi begitu cepat. Perubahannya sangat cepat,” ujar Suwanto lewat pernyataan resmi, Minggu (16/1).

Suswanto melihat pemerintahan Presiden Jokowi serius membangun fondasi Indonesia dengan menyiapkan SDM yang berkualitas. Menurutnya semakin tingginya SDM yang dimiliki, hal itu akan berdampak baik bagi para pelaku usaha. 

“Sampai dengan saat ini kalau kita melihat dunia usaha, pemerintah sudah menerapkan dengan baik. Salah satu contoh tadi Kampus Merdeka yang memang sudah dillakukan. Artinya ada program yg sangat bagus. Kami sendiri sebagai pelaku dunia usaha sangat terbantu dengan adanya itu," jelas Suwanto. 

Transformasi digital sendiri terus dilakukan oleh pemerintah. Ada lima poin utama yang yang diperintahkan Presiden Jokowi. Pertama adalah perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital, kedua persiapkan roadmap transportasi digital di sektor-sektor strategis. Kemudian ketiga, percepatan integrasi pusat data nasional, keempat genjot kebutuhan SDM talenta digital. Kemudian poin terakhir, Jokowi ingin skema pendanaan transformasi digital segera dipersiapkan. 

Terpisah, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan investasi pada SDM merupakan kunci untuk menjaga pertumbuhan nasional hingga 2045 .Menurut Erick, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam kaitannya dengan investasi SDM, antara lain mempersiapkan skilled labor, digitalisasi dan infrastruktur digital serta kesehatan. 

"Apa saja yang harus dilakukan yakni mempersiapkan skilled labor atau tenaga kerja yang memiliki kapabilitas, tenaga kerja yang mengerti apa yang akan dibutuhkan ke depannya," katanya. (Ant/OL-8)

BERITA TERKAIT