13 January 2022, 19:13 WIB

Jawa Barat Ekspor 100 Kilogram Jengkol ke Uni Emirat Arab


Kristiadi | Ekonomi

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil (KUK) telah melakukan ekspor sayuran berjenis jengkol berasal dari Tasikmalaya dan Majalengka. Tujuan ekspor tersebut ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). 

Produksi jengkol yang dihasilkan para petani di wilayah tersebut tergolong paling banyak. Untuk pengiriman kali ini sebanyak 100 kilogram untuk satu kontainer.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat, Kusmana Hartadji, mengatakan pihaknya mengapresiasi pelaku UKM di Jawa Barat yang mencapai 60% dan harus didukung oleh akademisi supaya usaha mereka bangkit di masa pandemi covid-19. Namun, akses pemasaran dan kapasitas SDM bagi pelaku yang dilakukan oleh Ninja Xpress baru pertama masuk daerah.

"Perusahaam Ninja Xpress yang dilakukan di Tasikmalaya akan membantu pelaku UKM salah satunya logistik, pembiayaan, pasar, dan lainnya. Karenanya, para pelaku usaha binaan di Jabar sekarang ada 3.500 dan yang masuk melalui aplikasi online tercatat 1.500 usaha. Dipastikan akan ada penambahan baru. Pemasarannya paling banyak makanan," katanya, Kamis (13/1/2022), di Kota Tasikmalaya.

Ia mengatakan ekspor sayuran ke Dubai UEA akan dilakukan secara bertahap dan ini baru pertama kali. "Kami akan mencari solusi pengiriman ke luar negeri dengan biaya murah dan ekspor yang dilakukan selama ini bukan hanya jengkol tetapi ada yang lain seperti halnya manggis, peci, pakaian muslim yang dilakukan pelaku usaha pesantren. Manggis berasal dari Tasikmalaya dan Sukabumi," ujarnya.

Menurutnya, jengkol merupakan makanan dan selama ini masih menjadi pencarian banyak orang meski memiliki aroma khas yang tidak bisa ditandingi oleh makanan lain. Namun, rasa jengkol sangat nikmat jika disantap tapi setelah mengonsumsinya akan meninggalkan bau di mulut yang cukup mengganggu. Namun ekspor yang dilakukan ke Dubai UEA ada kelebihan, yaitu langsung dibayar.

Baca juga; Saudi dan Hungaria Beli Aset Perusahaan Minyak Polandia

"Ekspor jengkol paling disukai oleh ibu rumah tangga di Dubai yang semua berasal dari Indonesia. Ekspor ini akan terus berlanjut guna meningkatkan perekonomian bagi para petani," paparnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT