11 January 2022, 22:15 WIB

PLN Apresiasi Bank Mandiri Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum 


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

PT PLN menyambut baik upaya PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. yang mendukung pengembangan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan menghadirkan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di area kantor pusat Bank Mandiri. 

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril dalam peresmian SPKLU di Plaza Mandiri (10/11) mengatakan, percepatan pengguna kendaraan listrik di Indonesia perlu didukung dengan pembangunan infrastruktur pengisian ulang yang memadai. 

"Melalui penyediaan SPKLU di lingkungan Plaza Mandiri ini, bisa mampu meningkatkan transisi penggunaan energi ramah lingkungan melalui penggunaan kendaraan listrik," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (11/1). 

SPKLU pertama di area kantor Bank Mandiri ini terletak di lahan parkir Gedung Plaza Mandiri, Jl. Gatot Subroto kav.36-38, Jakarta Selatan.  Ke depan, fasilitas serupa juga akan ditempatkan di beberapa kantor utama Bank Mandiri, antara lain Menara Mandiri di Jl Jenderal Soedirman, Wisma Mandiri di Jl MH Thamrin, Graha Mandiri di Jl. P Diponegoro dan Sentra Mandiri di Jl RP Soeroso. 

Bob menambahkan, kolaborasi mendukung ekosistem KBLBB ini dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam transisi energi dan meningkatkan produktivitas infrastruktur pengisian ulang kendaraan listrik. 

Baca juga : Kerja Besar Erick Thohir Wujudkan Kemandirian Ekonomi Indonesia

"Ini bentuk kolaborasi antara PLN dan Bank Mandiri dalam mempercepat tercapainya net zero emissionpada 2060 mendatang," ujarnya. 

Pengisian listrik pada fasilitas ini akan memanfaatkan aplikasi PLN Mobile. Untuk proses pembayaran nantinya akan menggunakan QR berstandar resmi Indonesia (QRIS) Mandiri untuk memudahkan konsumen pemilik kendaraan bermotor berbasis baterai dalam mengontrol pengisian daya dan melakukan pembayaran. 

Langkah ini akan melengkapi channel pembayaran Mandiri Virtual Account dan Mandiri Direct Debit yang telah tersedia sebelumnya di aplikasi PLN Mobile dalam  pembayaran tagihan listrik dan non tagihan listrik konsumen. 

Secara umum, PLN akan mengalokasikan Rp120 miliar untuk pembangunan infrastruktur kelistrikan dalam mempercepat KBLBB pada tahun ini. Alokasi tersebut salah satunya untuk membangun 40 unit SPKLU Ultra Fast Charging di Bali untuk mendukung perhelatan KTT G20 mendatang. (OL-7)

BERITA TERKAIT