11 January 2022, 16:16 WIB

Shopee Ajarkan Murid SMK Bisnis Digital


RO/Micom | Ekonomi

SHOPEE memulai Kelas Perdana Kurikulum Bisnis Digital yang diberikan kepada 245 murid SMK Negeri 1 Bogor, Selasa (11/1). 

Kelas Perdana ini merupakan kelanjutan kerja sama Pelatihan dan Pengembangan Bisnis Digital untuk 206 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Jawa Barat yang telah diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada November 2021. 

Kegiatan ini untuk mempersiapkan ekonomi yang tangguh melalui generasi masa depan yang memiliki keterampilan digital guna menjadi wirausaha yang kreatif, mandiri, dan andal. 

Selain dengan kurikulum berbasis bisnis digital ini diharapkan semakin banyak siswa SMK yang dapat siap pakai di dunia kerja khususnya di sektor digital. Shopee juga turut memberikan edukasi kepada Guru dan Murid SMK untuk bisa menjadi wirausaha bisnis digital yang mandiri melalui program ini.

 “Memulai cita-cita besar, kita perlu membangun fondasi ‘rumah’ versi kita sendiri yang juga besar, khususnya di dua keadaan saat ini; revolusi industri 4.0 dan  covid-19. Keadaan ini memberikan dampak signifikan untuk kita semua. Kita harus bergerak cepat, menjemput bola, karena jika tidak, kita akan tertinggal karena tidak beradaptas" kata Ridwan Kamil. 

Jawa Barat, lanjut Ridwan, membangun pondasi dan mempercepat proses adaptasi melalui pendidikan digital bersama Shopee. 

"Akan ada 26.000 siswa penerima manfaat dan menjadi wajah baru Jawa Barat untuk dapat menghadapi industri digital. Saya berharap, Shopee jangan lelah untuk terus mendukung inisiatif ini dan semoga ini bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya,” jelas Ridwan.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan pandemi memaksa kita untuk melakukan akselerasi digital, baik itu untuk pelayanan publik, pertumbuhan ekonomi, terlebih lagi pendidikan. 

"Kota Bogor sebagai tuan rumah sudah siap untuk transformasi digital, maka kami hari ini menyambut baik diadakannya Kelas Perdana Kurikulum Bisnis Digital bersama Shopee. Kurikulum ini diharapkan tidak hanya memberikan materi tentang bisnis digital bagi anak-anak SMK, tetapi juga melatih pengembangan softskill mereka,” katanya. 

Kepala Hubungan Pemerintahan Shopee Indonesia Balques Manisang menyampaikan komitmen Shopee dalam membantu meningkatkan keterampilan generasi muda Indonesia melalui pendidikan berbasis bisnis digital. (J-1) 

BERITA TERKAIT