16 December 2021, 22:23 WIB

Sentuhan Desainer Interior Wanita Percantik Konstruksi Bangunan 


Mediaindonesia.com | Ekonomi

KARYA desainer di bidang jasa konstruksi selalu menarik dan tidak terlepas dari sentuhan estetik desain interior, arsitektur, dan arsitektur lanskap yang juga dilakukan oleh kaum wanita, terutama pada penyelesaian detail pekerjaan, pemilihan bahan, pengaturan kombinasi warnanya. 

Profesionalisme desainer wanita ini sudah lama diandalkan pada berbagai pekerjaan rancang bangun di Indonesia dan negara-negara di dunia.  

Empat desainer wanita Indonesia menyampaikan pengalaman keahliannya dalam seminar online tentang Desainer & Karyanya, Menuju Tren Desain 2022 yang dibesut Kenari Djaja dan Majalah Asrinesia, Kamis (16/12).  

Meski sebagai ibu rumah tangga, namun prestasi berprofesi mereka sangat bisa dibanggakan mulai dari mengerjakan suatu proyek sampai memimpin perusahaan modern yang menuntut sistem digitalisasi. 

Direktur PT Kenari Djaja Prima Hendry Sjarifudin mengatakan, potensi desainer wanita telah banyak berperan di negeri ini dalam menghasilkan berbagai karya masterpiece. 

"Indonesia, memang memiliki banyak sekali orang-orang dengan bakat dan prestasi yang bisa membanggakan termasuk peran wanitanya," ujarnya dalam webinar Desainer & Karyanya, Menuju Tren Desain 2022 yang digelar Kenari Djaja dan Majalah Asrinesia, Kamis (16/12). 

Senior Desainer Interior HDII Naning Adiwoso menegaskan, sekarang ini sudah tidak diragukan lagi potensi desainer wanita. 

Arsitek Shanty Widiyana dari Manthra Cipta Adhisaka, memiliki pengalaman merancang berbagai macam bangunan mulai dari rumah tinggal, bangunan umum dan gedung bertingkat.  

Baca juga : LinkAja Hadirkan Layanan Business Solution Bagi Pelaku Usaha dan Korporasi

Keterlibatannya dalam suatu proyek arsitektur diikuti sejak awal pekerjaan sampai dengan selesai, hingga dapat menguasai lingkup pekerjaan yang dihadapi di lapangan.  

"Pengalaman saya berkolaborasi dengan berbagai disiplin ilmu dalam menyelesaikan pekerjaan, menjadi hal yang mengasyikan karena dapat saling bertukar informasi," ujarnya. 

Pengalaman Desainer Interior Andira Murwani dan Tania Lestiani pasangan dari Akodhyat & Partner, dalam setiap pekerjaannya harus menyiapkan data sejak awal desain sesuai keinginan klien dan tuntutan arsitekturnya, agar tercipta rancangan yang tepat, untuk fungsi baru yang harmoni. 

"Perlu kedekatan dengan pemilik atau calon penggunanya agar karakter mereka bisa mewarnai gaya interior yang dikehendaki. Pengalaman menata ruang dan pengambilan keputusan desain hingga disetujui, merupakan poin penting bagi profesi desainer," katanya. 

Pekerjaan lain yang identik dengan hobi kaum Ibu adalah kegiatan pertamanan di bagian eksterior bangunan.  

Profesi ini bukan merancang ruang terbuka sisa dari suatu pembangunan, pekerjaan arsitektur lanskap prinsipnya harus dilakukan bersamaan dengan perencanan arsitekturnya untuk mendapatkan karakter eksterior yang senafas. 

Menemukan tema dan gaya arsitektur lanskap ini disampaikan oleh Muzia Evalisa, IALI pimpinan sekaligus arsitek lanskap dari Bougenvillea Cipta.  

Ratusan peserta seminar yang terdiri dari profesional desainer dan pemerhati arsitektur, desain interior, arsitektur lanskap khususnya wanita, diharapkan bisa mendapatkan pengalaman tambahan. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT