05 December 2021, 22:10 WIB

Ekspansi Bisnis ke sektor Konstruksi, Nippon Paint Akuisisi Selleys dan Vital Technical


Ghani Nurcahyadi |

PRODUSEN cat, Nippon Paint resmi mengakuisisi Selleys dan Vital Technical, keduanya merupakan jenama asal Australia dan Malaysia untuk konstruksi dan renovasi bangunan. Selleys dan V-Tech merupakan pemain utama di kategori produk sealant, lem, konstruksi dan rumah tangga, filler, serta pelumas. 

CEO Decorative Paint Nippon Paint Indonesia Jon Tan mengatakan, pihaknya menyebut produk tersebut dengan SAFL (sealant, adhesiveperekat, filler, lubricants/pelumas). Menurutnya, akuisisi itu didasari potensi pasar retail SAFL dapat mencapai Rp6 Triliun per tahun berdasarkan penelitian pasar yang dilakukan secara independen. 

General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia Mark Liew menambahkan, pihaknya optimistis segmen SAFL akan terus meningkat di tahun mendatang, dengan proyeksi pertumbuhan tahunan mencapai 10%.

'Selleys dan V-tech menyediakan berbagai produk kualitas premium untuk setiap aspek konstruksi dan renovasi bangunan mulai dari pondasi, interior, eksterior, atap, kayu, besi, kaca dan berbagai material lainnya yang telah terjual di lebih dari 82 Negara," katanya dalam diskusi virtual, Minggu (5/12). 

General Manager Selleys Martin Ward menyatakan, Selleys sebagai produk segmen SAFL (Sealant, Adhesive, Filler dan Lubrica) yang telah berdiri selama 80 tahun senantiasa berinovasi untuk memberikan kepuasan bagi para konsumen. 

Baca juga : Materai Elektronik Tawarkan Solusi Mudah Bayar Pajak Dokumen

“Pasar Selleys semakin meluas dari Australia hingga menjangkau Selandia Baru, Afrika Selatan, Arab Saudi, hingga benua Asia, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Hong Kong, Korea, Taiwan, Indonesia, Vietnam, hingga China. Terbukti bahwa segala urusan perbaikan rumah, Anda bisa serahkan pada Selleys, sesuai taglinenya: If It’s Selleys, It Works!” ujar Martin Ward.

Managing Director Vital Technical (V-Tech), Cheong Chee Leong mengungkapkan, Vital Technical atau dikenal V-tech juga telah didirikan sejak Agustus 2002 dan resmi menjadi bagian dari Nippon Paint Group pada April 2021. 

“V-tech merupakan perintis produk ramah lingkungan pertama di ASEAN yang telah memenuhi Singapore Green Building Product Labelling Scheme (SGBPLS), California’s South Coast Air Quality Management District (SCAQMD) regulations, GB/T14683-2017 and Good Environmental Choice Australia (GECA). V-tech sendiri telah dipasarkan di 70 Negara,” ujar Mr. Cheong. 

Melalui akuisisi yang dilakukan, kini Nippon Paint telah memantapkan posisi menjadi pemain utama solusi lengkap untuk kebutuhan kontruksi dan renovasi disamping menjalani bisnis utama di produk cat. Nippon Paint berharap, berbagai inovasi yang telah dihadirkan dapat memberikan dampak positif yang berarti bagi kemajuan pembangunan di Indonesia, baik dari sisi ekonomi, sosial dan lingkungan yang lebih baik. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT