05 December 2021, 13:56 WIB

Balai Penyuluh Pertanian di Parigi Perkuat Pertanian Pangandaran


mediaindonesia.com |

KEMENTERIAN Pertanian terus memperkuat Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di Tanah Air, termasuk BPP Parigi, Pangandaran, Jawa Barat, karena sangat berperan penting dalam mengawal peningkatan produktivitas, termasuk peningkatan kualitas penyuluh dan petani.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Pangandaran. Perhatian terhadap pertanian, khususnya pada penyuluh pertaniannya, luar biasa, dengan mengalokasikan dana APBD.

Baca juga: Menko Airlangga Apresiasi Peran TNI dan Polri dalam Mendukung Kebijakan Pemerintah

"Saya sangat mengapresiasi perhatian Pemerintah Kabupaten Pangandaran. Dari APBD-nya, mereka mengalokasikan kendaraan roda dua dan sebagainya," kata Dedi dalam keterangan pers yang diterima Media Indonesia di Jakarta, Minggu (5/12/2021).

Dedi berharap penyelengaraan penyuluh pertanian semakin lancar dengan hadirnya BPP. Dengan demikian, kata Dedi, cita-cita untuk meningkatkan produktivitas bisa tercapai. "Pangandaran kalau bisa jangan mengimpor, harusnya mengekspor," kata Dedi yang meresmikan gedung baru BPP itu. 

Ia juga meminta kepada para penyuluh agar menjadi penyuluh yang sangat luar biasa. Memiliki latar belakang akademik, kapasitas, dan tahu bagaimana mendongkrak produktivitas pertanian, serta mengimplementasikan inovasi yang sudah banyak saat ini.

"Dan tidak kalah penting, penyuluh harus memiliki andrenalin, daya juang yang tinggi. Penyuluh juga harus dekat dengan petani, soulmatenya petani, yang dirindukan petani," imbuhnya.

Di sisi lain, Camat Parigi juga berterima kasih dengan adanya fasilitas gedung baru untuk para penyuluh. Diharapakan para penyuluh pertanian kecamatan Parigi lebih semangat lagi, untuk mendampingi para petani. 

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menekankan peran penting penyuluh untuk meningkatkan dunia pertanian di Indonesia. (RO/A-3)

BERITA TERKAIT