04 December 2021, 22:22 WIB

Inkoppas Dorong Digitalisasi Perekonomian Pasar


Abdillah M Marzuqi | Ekonomi

PANDEMI membuat pedagang pasar tidak leluasa berjualan seperti sebelumnya. Oleh sebab itu, Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas) mengarahkan para pelaku pasar tradisional untuk masuk dalam pasar digital. Hal itu diungkap Ketua Bidang Inkoppas Andrian Lame Muhar dalam acara Talk Show Pertunjukan Rakyat bertema Membangun Optimisme Pasca Pandemi: Prospek dan Tantangan Pemulihan Ekonomi yang digagas Kominfo di Jakarta ( 01/12).

"Tadinya perilaku pertemuan langsung secara konvensional atau pedagang bertemu langsung dengan konsumen, sekarang kita arahkan menjadi sosial distancing dengan melalui digitalisasi sehingga kegiatan ekonomi bisa berjalan dengan online," ujar Andrian.

Menurut Andrian, digitalisasi penting untuk mengurangi kerumunan di Pasar dan mengurangi interaksi fisik antara pedagang pasar dan pembeli. Inkoppas kini tengah membangun sistem terintegrasi yang menghubungkan antara pengurus Inkoppas, Pusat Koperasi Pedagang Pasar (Puskoppas), dan Koperasi Pedagang Pasar (Koppas). Selain itu, ada juga aplikasi khusus untuk pedagang pasar anggota Koppas.

"Kemudian para anggota Koppas yaitu kita buatkan aplikasi khusus seperti semacam e-commerce atau dua pencatatan transaksi, yaitu pencatatan suplai ke toko-toko agar pedagang pasar bisa berjualan secara online dan sistem pembayaran secara online, sehingga di harapkan pedagang pasar anggota Inkoppas tidak berkurang pendapatan atau omset selama keadaan pandemi saat ini," tambah Andrian.

Menurut Andrian, perubahan perilaku menjadi kendala yang harus dihadapi dalam upaya digitalisasi. Proses peralihan perilaku itu membutuhkan waktu.."Kendalanya adalah merubah tatanan atau merubah kebiasaan para pedagang, sekarang pedagang pasar diubah menerima uang dengan digital, yang biasanya pedagang pasar menerima uang secara fisik, dibutuhkan waktu kebiasaan tersebut," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT