01 December 2021, 12:20 WIB

Peduli Lingkungan dan Masyarakat, Chandra Asri Raih Dua Penghargaan


Mediaindonesia.com |

MASALAH lingkungan saat ini memang menjadi perhatian dunia. Apalagi dengan terjadinya perubahaan iklim saat ini. Tidak mengherankan jika program penggunaan emisi karbon, bahan bakar fosil, dan sebagainya terus dikumandangkan.

Berangkat dari situ PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) terus berupaya berkontribusi yang solutif terhadap masalah sosial, lingkungan, khususnya tentang sampah, kesehatan, dan kelestarian alam serta penanggulangan covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Baca juga: Srihadi Dianugerahi Penghargaan Tertinggi Borobudur Writers ...

Kontribusi yang dilakukan Chandra Asri tersebut mendapatkan apresiasi dua penghargaan yakni penghargaan Industri Hijau 2021 dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan Penghargaan Utama dalam Anugerah CSR IDX Channel 2021 atas kontribusinya dalam penanggulangan covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Untuk penghargaan Industri Hijau diberikan kepada pabrik Chandra Asri di Ciwandan dan Pulo Ampel. Mereka meraih penghargaan Industri Hijau 2021 Level 5 (Terbaik) yang diserahkan oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita dalam acara 'Penganugerahan Penghargaan Industri Hijau dan Penyerahan Sertifikat Industri Hijau' pada 30 November lalu di Gedung Kemenperin, Jakarta.

Penilaian Penghargaan Industri Hijau diberikan berdasarkan tiga aspek yaitu produksi, kinerja pengelolaan limbah dan emisi, serta manajemen perusahaan. Berdasarkan penilaian tersebut, ada 88 perusahaan industri yang mendapatkan kualifikasi level lima, diikuti 49 perusahaan industri yang mendapat level empat, dan 15 perusahaan industri yang memerlukan upaya lebih optimal untuk menerapkan prinsip industri hijau.

Hal itu sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia menuju konsep pembangunan berkelanjutan yang rendah emisi dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs).

Direktur Chandra Asri, Edi Rivai mengatakan penghargaan itu merupakan wujud komitmen mereka untuk turut mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). “Dalamp erjalanannya, Chandra Asri berkomitmen dan kontribusi dalam tanggung jawab sosial perusahaan dan ekonomi sirkular. Ketika menjalankan tanggung jawab perusahaan, Chandra Asri berkomitmen pada tigaprinsip: People, Planet, Profit dengan mengadopsi pendekatan Environment, Social, and Governance (ESG). Memulai perjalanan bisnis yang berkelanjutan, Chandra Asri terus meningkatkan kinerja dan menciptakan kehidupan yang harmonis dengan masyarakat sekitar dan lingkungan.”

Adapun anugerah CSR IDX Channel 2021 atas kontribusinya dalam penanggulangan covid-19 dan pemulihane ekonomi melalui pengelolaan sampah plastik dengan prinsip ekonomi sirkular dan pemberdayaan masyarakat.

"Kami berkomitmen mendukung sustainability dan ESG. Perusahaan terus fokus terutama dalam masa pandemi covid-19, melalui inovasi dan kolaborasi dalam pemanfaatan bahan baku dari Chandra Asri sebagai supply Alat Pelindung Diri (APD), serta pemulihan ekonomi melalui pengelolaan sampah plastik dengan prinsip ekonomi sirkular dan pemberdayaanmasyarakat,” ujar Direktur Chandra Asri, Edi Rivai.

Chandra Asri kata dia juga berkomitmen menjalankan program-program berkelanjutan berbasis circular economy terutama pada pengelolaan dan edukasi sampah plastik. Bentuknyata yang Chandra Asri lakukan dalam mendukung program pengelolaan sampah plastik, dimulai dengan berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dalam mendukung program Jakarta Recycle Center, Chandra Asri menyediakan 36.000 kantong sampah plastik daur ulang sebagai sarana pemilahan sampah yang dilakukan dari rumah, yang berhasil mengurangi sampah terbuang (all type) ke TPA hingga 80%.

Program pemilahan sampah di lingkungan kantor maupun pabrik. Selain itu mereka ikut berkontribusi dalam menciptakan ekosistem Pengelolaan SampahPlastik di Cilegon, dimulai dari pemilahan dan pengumpulan sampah plastik, pemrosesan sampah plastik, hingga pendistribusian manfaat untuk masyarakat. (RO/A-1)

 

BERITA TERKAIT