26 November 2021, 12:30 WIB

Modal Positif Mike Adam Bantu SABIM tetap Eksis


Budi Ernanto | Ekonomi

DENGAN semakin terbukanya pasar global, salah satu komoditi yang memiliki nilai tinggi untuk diekspor adalah sarang burung walet (SBW).

Peluang itu telah disadari oleh PT Sumber Alam Borneo Indonesia Makmur (SABIM) yang aktif melakukan pencucian SBW berbasis homies. Saat ini SABIM telah memiliki 1.600 pekerja.

SABIM tetap mampu eksis di saat perusahaan yang lain gulung tikar akibat pandemi covid-19 berkat kesigapan owner-nya, Mike Adam.

Menurut Mike, awal SABIM berdiri, dirinya harus datang dari satu petani ke petani untuk mendapatkan kepercayaan mereka bahwa hasil panen waletnya dapat dijualdengan harga yang lebih bagus.

Melalui berbagai negosiasi, akhirnya dia mendapat kepercayaan para pemilik walet. "Penolakan adalah bagian dari proses yang sering dialami namun kejujuran yang memenangkan langkah dari proses yang saya alami," ujar Mike dalam keterangan resminya, Jumat (26/11).

Sebelum pandmei menyerang, Mike mengungkapkan bahwa juga pernah ada musibah yang datang. Terjadi fluktuasi harga yang ekstrem dikarenakan ulah dari beberapa orang menggoreng harga dipasar.

Baca juga: Advokat Perlu Terapkan Matrix ESG dalam Kelola Bisnis

Tapi, pasang surut menurut Mike tidak menghalangi langkah dia dan SABIM untuk bangkit. "Dengan konsistensi ketekunan serta kejujuran yang dimiliki, mampu membuat usaha yang dimiliki merambah ke dunia pemrosesan SBW untuk ekspor," lanjut dia.

Mike mengatakan omzet SABIM telah berkembang di angka hingga ratusan milyar rupiah. Bisnis juga berkembang ke berbagai lini melalui PT SABIM Artha Semesta yang bergerak dibidang Wood working, PT Nusantara sentra Investama yang bergerak di bidang investasi dan keuangan, dan PT Nusantara Niaga yang  bergerak di bidang trading PAO (palm acid oil).

Di sisi lain, Mike sendiri mengatakan dia juga aktif tidak hanya di dunia bisnis. Mike menerangkan bahwa dirinya suka berorganisasi dan ikut PBNU, salah satu organisasi islam besar di Indonesia/

Tak hanya aktif di PBNU, Mike juga aktif sebagai staf khusus salah satu wakil menteri. "Dari semua kesibukan saya ingin mendirikan universitas, yang menjadikan lengkap pengabdian di bidang pendidikan untuk Negeri," tutupnya. (R-3)

BERITA TERKAIT