24 November 2021, 14:38 WIB

Sekolah Jurnalisme Media Indonesia Latih Humas Kemenkop UKM


Despian Nurhidayat | Ekonomi

SEKOLAH Jurnalisme Media Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM melakukan bimbingan teknik kepada 20 humas dari Kedeputian, BLU (Badan Layanan Umum) dan Biro Komunikasi dan Teknologi Informasi. Hal ini dilakukan untuk memperkuat wawasan kehumasan terkait dengan ilmu jurnalistik.

Bimbingan teknik ini dilakukan pada 24 - 25 November 2021, dengan materi terkait dengan cara menghadapi media dan krisis, manajemen sosial media, teknik penulisan, dan fotografi menggunakan smartphone.

Anggota Dewan Redaksi Media Group Abdul Kohar mengatakan bahwa bimbingan teknik ini sudah dilakukan 7 kali pada 2021 bersama dengan berbagai kementerian dan lembaga. Menurut Kohar, kerja sama ini perlu dilakukan karena kehumasan merupakan posisi strategis dari kementerian dan lembaga.

"Di era sekarang, humas memegang posisi strategis, posisi kunci bahkan disebut ujung tombak. Baik buruk persepsi itu yang membangun humas dan berkolaborasi dengan media. Karena itu, pejabat di level manapun yang memegang level kehumasan, jadilah sumber daya yang strategis," ungkapnya di Kantor Kemenkop UKM, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (24/11).

Lebih lanjut, Abdul Kohar menambahkan bahwa manajemen krisis merupakan hal yang perlu dilakukan oleh humas. Manajemen krisis ini dapat dilakukan dengan beberapa hal, seperti mengidentifikasi permasalahan yang ada di dalam internal kementerian dan lembaga, memilih strategi dan pengendalian terhadap masalah yang ada, mengelola informasi dan data untuk menangani permasalahan yang sedang dihadapi.

Selain itu, menurutnya sangat penting bagi humas untuk menentukan tim sebagai jutu bicara untuk menjawab segala macam permasalahan yang ada. Paling penting, humas dikatakan perlu menyampaikan sesuatu hal yang mudah dimengerti oleh masyarakat.

"Tulislah sesuatu hal yang ringkas dan mudah dimengerti. Hindari hal teknis internal dan tidak diketahui oleh publik. Hindari bahasa atau istilah yang hanya dimengerti oleh internal kalian," ujar pria yang juga menjabat sebagai Direktur Utama Lampung Post itu.

Di tempat yang sama, Kepala Biro Komunikasi dan Teknologi Informasi Kemenkop UKM Budi Mustopo berharap dengan diadakannya bimbingan teknis ini, pihaknya mendapatkan wawasan untuk menulis, membuat foto, video atau terkait digital publishing di media baik eksternal dan internal.

Dia berharap juga dapat menjalin hubingan baik dengan Media Group terkait kerja sama dalam publikasi atau kehumasan antara Kemenkop UKM dan Media Group.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mendukung Biro Komunikasi dan Teknologi Informasi Kemenkop UKM untjk menjadi lebih baik lagi. Besar harapan kami nanti dari pak Abdul Kohar dan tim memberi bimbingan sehingga teman-teman punya wawasan lebih tinggi lagi terkait kehumasan dan jurnalistik," pungkas Budi. (E-3)

BERITA TERKAIT