24 November 2021, 14:16 WIB

Nah Lho, Ahok Tidak Setuju Rencana IBC Akusisi   Perusahaan Mobil Listrik Jerman


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

RENCANA  PT Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC) yang bakal mengakuisisi perusahaan kendaraan listrik asal Jerman, StreetScooter, mendapat pertentangan oleh Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

IBC merupakan holding perusahaan pabrik baterai listrik milik Indonesia yang terdiri dari empat perusahaan BUMN, salah satunya Pertamina. Tiga lainnya adalah MIND ID, PT Aneka Tambang  Tbk dan Perusahaan Listrik.

Rencana akuisisi pabrikan mobil Jerman ini jugalah yang kabarnya menyebabkan Direksi Mind.ID yang lama yakni Orias dkk dilengserkan oleh Kementerian BUMN. 

Lalu saat ini, ternyata suara minor kini terdengar dari salah satu anggota konsorsium IBC. Loh kok bisa ?

Menurut Ahok, panggilan akrab Basuki Tjahaja Purnama, hasil uji tuntas rencana akuisisi itu menunjukan bahwa rencana itu tidak layak untuk dilanjutkan. 

"Dari hasil due diligence (uji tuntas untuk penyelidikan atas investasi potensial) tidak cocok untuk akuisisi," kata Ahok kepada Media Indonesia, Rabu (24/11).

Dia tidak menjabarkan detail hasil due diligence tersebut. Komisaris Utama Pertamina itu menuturkan, rencana akuisisi masih ditemukan banyak kendala.

"Banyak PR (pekerjaan rumah). Detailnya ada di direksi (Pertamina)," ucapnya.

Ahok mengatakan, dari Pertamina sendiri belum menentukan secara konkret soal persetujuan akuisisi perusahaan kendaraan listrik tersebut oleh IBC. "Belum diputuskan," pungkas Ahok. (Ins/E-1)

BERITA TERKAIT