23 November 2021, 15:28 WIB

Presiden Jajal Traktor untuk Tanam Jagung


Andhika Prasetyo | Ekonomi

PRESIDEN Joko Widodo menjajal mengendarai sebuah traktor yang dilengkapi alat penanam jagung saat meninjau lahan jagung seluas 1.000 hektare di Jeneponto, Sulawesi Selatan, Selasa (23/11). Ternyata, menurut dia, mengendarai kendaraan berat tersebut tidak terlalu sulit.

"Saya juga baru (mengendarai traktor). Hari ini saya bisa pegang dan sangat mudah sekali. Tadi cuma diajari sebentar oleh pak Menteri Pertanian," ujar Jokowi.

Baca juga: Bappenas Sebut Kebutuhan Pendanaan untuk SDGs Mencapai Rp67 Ribu Triliun

Ia pun meyakini para petani yang nantinya akan dibekali traktor oleh Kementerian Pertanian sebagai penunjang kegiatan tanam akan mampu menggunakannya dengan baik.

Keberadaan alat mesin pertanian (alsintan), sambung kepala negara, memang sangat penting dalam upaya membantu para petani, baik saat proses olah lahan maupun panen.

"Untuk menanam, kalau dalam hamparan yang sangat luas, yang paling cepat adalah memakai traktor, cepat sekali. Saya kira mekanisasi seperti ini perlu dikenalkan kepada seluruh petani sehingga mereka bisa gunakan," tuturnya.

Pemberian alsintan merupakan salah satu upaya intensifikasi pertanian yang diharapkan mampu mendongkrak produksi jagung di Tanah Air, khususnya di Jeneponto yang merupakan salah satu kawasan sentra.

"Kita harapkan dari setiap hektare nanti akan muncul hasil 6 sampai 7 ton dan di seluruh Sulawesi Selatan kita harapkan juga akan keluar produksi 1,8 juta ton," ucap Jokowi. (OL-6)

BERITA TERKAIT