23 November 2021, 10:09 WIB

Disentil Erick, Pertamina Janji Toilet di SPBU Gratis


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

PT Pertamina menjanjikan toilet di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) miliknya tidak akan dipungut biaya alias gratis. Hal ini merespons pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir yang menegur langsung petugas toilet SPBU Pertamina, karena tidak menggratiskan fasilitas buang air.

Dalam video yang diunggah akun @erickthohir, dia mempertanyakan mengapa ada pungutan biaya bagi pengunjung yang ingin menggunakan toilet dengan tarif dari Rp2.000-Rp4.000.

"Kami sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat. Tidak hanya layanan BBM, namun juga memastikan ketersediaan toilet secara gratis," kata Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting kepada Media Indonesia, Selasa (23/11).

Irto menegaskan, pihaknya akan memperingatkan pemilik SPBU agar tidak lagi mematok tarif penggunaan toilet di tempat tersebut. Pada Juni 2020, Pertamina secara keseluruhan telah mengoperasikan sebanyak 7.026 SPBU yang tersebar di seluruh Tanah Air.

"Kita akan ingatkan para pemilik SPBU soal itu. Kami berterima kasih atas masukan Pak Menteri dan masyarakat untuk membuat Pertamina lebih baik," pungkasnya.

Erick dalam videonya pun meminta direksi Pertamina untuk membereskan masalah pungutan liar atau pungli di toilet di SPBU tersebut. Dia menyatakan, seharusnya fasilitas tersebut tidak dipungut biaya.

"Kepada Direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis, karena kan sudah ada dapat dari jualan bensin, ada juga toko kelontong. Jadi masyarakat mestinya dapat fasilitas tambahan. Saya minta Direksi Pertamina untuk diperbaiki," tegasnya.

"Saya juga minta seluruh kerja sama dengan pom swasta yang di bawah Pertamina, toiletnya nggak boleh bayar. Harus gratis," tambahnya. (Ins/OL-09)

BERITA TERKAIT