20 November 2021, 09:22 WIB

Perusahaan Harus Merespons Perubahan Agar Bertahan


Siswantini Suryandari | Ekonomi

TIDAK bisa dipungkiri dunia usaha kini mengalami berbagai perubahan besar yang menyentuh berbagai sendi. Mulai dari model bisnis dan kemitraan baru hingga inovasi untuk merespons peluang baru yang muncul.

Menghadapi perubahan itu, PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Cat di Indonesia  menggandeng Jamil Azzaini, pakar leadership dan self-improvement sekaligus pendiri Kubik Leadership untuk meningkatkan kinerja usaha sektor industri agar dapat tumbuh kembali, serta investasi bisa berbuah profit.

Jamil Azzaini dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/11) menyebutkan tiga pemicu perubahan besar saat ini adalah digital, milenial dan pandemi. Di masa seperti ini, pelaku usaha dan pemimpin perusahaan harus cermat memilih investasi yang tepat. Investasi yang tepat bisa dilihat dari pemilihan anggota tim yang tepat dan pemilihan alat untuk produksi atau kerja.

Dalam paparannya, Jamil Azzaini menekankan peran penting pemimpin menavigasi dunia usaha di masa perubahan.

"Perubahan harus dianggap lazim, bahkan tepatnya tidak ada yang bertahan, kecuali perubahan. Jika dirangkum, ada tiga peran pemimpin usaha di masa perubahan yaitu mengangkat moral tim, menggerakkan produktivitas tim, dan menjaga kelangsungan bisnisnya," tutur Jamil Azzaini.

Mengangkat moral tim menjadi tugas paling awal karena anggota tim tengah berpindah zona. Yaitu dari zona nyaman ketika semua terkendali, ke zona rentan saat pandemi menghantam dunia usaha dengan keras dan membawa berbagai ketidakpastian.

Dan kini memasuki zona belajar ketika harus menyusun kembali pola dan metode baru untuk mencapai tujuan. Di saat anggota tim dihadapkan kondisi yang serba tak pasti, pemimpin memiliki peran untuk memberi arah dan membangun keyakinan positif bagi timnya.
Selanjutnya, menggerakkan produktivitas tim menjadi penting karena terjadi disrupsi pada pola dan metode kerja. Untuk memetakan jalan ke depan, pemimpin harus secara simultan merumuskan prioritas usahanya dan
menjalankan berbagai inisiatif dengan baik.

"Ini berarti, pertama dan terutama, mereka harus memimpin dengan tujuan memperhatikan anggota tim, pelanggan dan sistem pendukung lainnya. Terakhir, menjaga kelangsungan bisnis artinya menyusun strategi bagaimana bisnis terus berlangsung," ujar Jamil.

baca juga: JBS Perkasa Luncurkan Pintu Baja Beraksen Tembaga Pertama di Indonesia

Menurut Jamil rumusnya cukup sederhana yaitu meningkatkan revenue dan menjaga efisiensi, mulai mencari dan menerapkan cara menggenjot efisiensi dan meningkatkan performa, yang meningkatkan revenue. Ia menyinggung langkah Trakindo yang meluncurkan alat hydraulic excavator kelas 20 ton Cat 320 GX yang dianggap efisien, menggunakan bahan bakar bio solar B30, tahan lama dengan harga lebih terjangkau, sehingga investasi cepat kembali.

"Produknya tangguh dan bisa membantu dunia usaha dalam jangka panjang. Artinya pemimpin tersebut berwawasan masa depan dan memikirkan efisiensi serta produktivitas perusahaan," jelas Jamil Azzaini. (N-1)

 

 

BERITA TERKAIT