18 November 2021, 20:23 WIB

Entrepreneurs.id dan The Bath Box Berikan Edukasi Pemasaran pada Pelaku Bisnis Kecantikan 


Ghani Nurcahyadi |

PANDEMI Covid-19 berdampak terhadap berbagai sektor bisnis, salah satunya adalah bisnis kecantikan. Pusat perbelanjaan yang tutup mengakibatkan sejumlah bisnis kecantikan juga terpaksa menutup tokonya dan beralih ke teknologi digital untuk memaksimalkan penjualannya. 

Selain itu, adanya pandemi telah merubah kebiasaan dan kebutuhan masyarakat, seperti penerapan work from home membuat masyarakat lebih memiliki waktu luang untuk merawat diri. Salah satunya adalah rutin menggunakan produk kecantikan seperti skincare dan body care.  

Namun, edukasi terhadap pelaku bisnis kecantikan di era digital tetap harus dilakukan untuk menjawab tren kecantikan saat ini. Hal itu dilakukan platform Entrepreneurs.id dengan jenama produk kecantikan, The Bath Box melalui seminar yang diselenggarakan secara hibrida di Ko+Labora, Jakarta Barat. Seminar itu memberikan insight kepada pelaku usaha produk kecantikan mengenai product development, strategi branding, dan pemasaran digital. 

Berdasarkan data customer Indocare B2B, pengusaha yang memproduksi produk kecantikan sebelumnya hanyalah brand ternama. Namun pada 2021, sudah ada ratusan pengusaha yang mampu memproduksi produk kecantikan lokal. 

"Hal ini membuktikan bahwa semenjak pandemi, industri kecantikan adalah salah satu peluang usaha yang cukup diminati masyarakat," ujar Gunawan Tegar bakti, B2B Domestic Head dari Indocare B2B yang jadi salah satu narasumber. 

Indocare B2B adalah perusahaan contract manufacturing produk Personal Care, Beauty Care dan Health Supplement yang menawarkan one-stop product development solution mulai dari konsultasi konsep produk, formulasi, stability test, Registrasi BPOM dan sertifikasi halal, Produksi, Quality Control hingga pengiriman finished good ke gudang pelanggan. 

Baca juga : Hadapi Silver Economy, Bappenas Luncurkan Stranas Kelanjutusiaan

Indocare B2B memiliki pabrik yang menerapkan Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik atau CPKB dan varian produknya lengkap mulai dari produk untuk perawatan rambut sampai kaki.  

Co-founder The Bath Box Nikolaus Kristama yang juga menjadi narasumber, ikut membagikan tips strategi bisnis menembus pasar luar negeri. Sebelum sukses menumbuhkan bisnisnya, The Bath Box, kata Nikolaus harus berjuang menemukan formulasi produk yang berbeda dan berkualitas. 

Nikolaus berharap kolaborasi dengan Entrepreneurs.id yang juga didukung Indocare B2B memberikan dampak positif terhadap para pengusaha dan membuka wawasan kedepannya untuk bisa meningkatkan bisnis, sehingga bisnis di industri kecantikan semakin maju dan berkembang. 

"Entrepreneurs.id yakin hal serupa terjadi pada bisnis lainnya. tidak hanya The Bath Box yang bisa mencapai kesuksesan, tetapi berbagai bisnis di seluruh Indonesia," kata Dewi Maulati dari Entrepreneurs.id. 

Dewi menambahkan, sebagai bentuk komitmen Entrepreneurs untuk dapat membantu serta memberikan wadah yang bermanfaat untuk para pengusaha yang ingin terus meningkatkan potensi bisnis dan usaha semakin berkembang, Entrepreneurs terus berinovasi menciptakan ruang kolaborasi serta ruang belajar untuk para Entrepreneurs melalui aplikasi Entrepreneurs Indonesia yang sudah rilis dan dapat diunduh melalui Playstore dan Appstore. 

"Sesuai dengan visi Entrepreneurs melalui aplikasi Entrepreneurs Indonesia ini semoga dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk menemukan insight baru terkait pengetahuan bisnis serta memberikan ruang kolaborasi yang bermanfaat untuk para Entrepreneurs," pungkasnya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT