05 November 2021, 23:29 WIB

Jalin Kolaborasi, Ralali.com Dorong Percepatan Digitalisasi UMKM Pertanian 


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

PLATFORM e-commerce, Ralali.com ikut membantu UMKM pertanian untuk masuk ke digitalisasi lewat penandatanganan Pokok Perjanjian Kerjasama (Signing Ceremonial) antara Ralali.com bersama PT Mitra Enabler Indonesia (MEI) dengan Kementerian Pertanian sebagai platform B2B resmi dengan enabler sistem dalam mendukung digitalisasi petani Indonesia.  

Ralali.com berperan sebagai B2B platform yang bergerak secara aktif mendukung percepatan digitalisasi UMKM pertanian Indonesia melalui penggunaan enabler sistem yang disediakan oleh PT Mitra Enabler Indonesia (MEI). 

Penandatanganan Pokok Perjanjian Kerjasama (Signing Ceremonial) ini diikuti oleh ketiga belah pihak yakni CEO Ralali.com Joseph Aditya, Direktur Utama PT Mitra Enabler Indonesia (MEI) Humahwan,, dan disaksikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. 

Ralali.com juga menandatangani Pokok Perjanjian Kerjasama (Signing Ceremonial) yang kedua yaitu antara Ralali.com bersama PT Mitra Enabler Indonesia (MEI) dan KOPITU dengan salah satu Off Taker Internasional yang berasal dari Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan perihal kerjasama terkait produk porang dari UMKM binaan KOPITU (Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu).  

CEO Ralali.com Joseph Aditya mengatakan, kedepannya dengan terjalinnya kerja sama  dengan PT Mitra Enabler Indonesia (MEI), Kementerian Pertanian Indonesia, dan Off Taker luar negeri  diharapkan dapat membantu percepatan akselerasi digital UMKM pertanian Indonesia dan juga UMKM porang.  

Baca juga : Berbasis Bisnis dan Profesionalisme, Pertanian Kini Memasuki Era Baru

"Sinergi yang kuat dan berkesinambungan antara berbagai pihak yang terlibat juga diharapkan dapat menjadi kunci percepatan dalam pemulihan ekonomi Indonesia di tengah pandemi Covid-19,” jelas Joseph. 

Dalam hal ini, Ralali.com meraih penghargaan sebagai platform B2B dengan enabler sistem yang mendukung digitalisasi UKM pertanian Indonesia dalam ajang Tanipreneur Award 2021. Sebagai B2B marketplace pertama di Indonesia, penghargaan ini merupakan pacuan bagi Ralali.com untuk terus mendukung penuh serangkaian strategis dalam menuju akselerasi digital bagi UMKM Indonesia. 

Tanipreneur Award merupakan wujud peran serta dari KOPITU (Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu), Tim Propaktani, serta Kementerian Pertanian Indonesia dalam mensukseskan program pemerintah, maka KOPITU berinisiatif untuk bekerjasama dengan Propaktani menggelar sebuah acara penghargaan yang akan diberikan kepada beberapa pihak sebagai bentuk apresiasi atas kinerja dalam meningkatkan ekspor nasional khususnya komoditi tanaman pangan.  

Acara penandatanganan ini digelar dalam penghargaan Tanipreneur Award 2021  yang disaksikan secara langsung oleh Mentan, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono, Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah, serta Ketua Umum KOPITU Yoyok Pitoyo.  

"Serangkaian langkah strategis Ralali.com terus upayakan melalui penguatan sinergi dengan berbagai pihak baik lembaga ataupun pemerintahan demi mewujudkan digitalisasi pasar bagi UMKM Indonesia. Selain itu, Ralali.com juga bertekad untuk wujudkan peningkatan secara signifikan persentase jumlah UMKM yang bergabung menjadi seller di e-commerce untuk memasarkan produknya," pungkas Joseph. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT