02 November 2021, 21:22 WIB

Dongkrak Pemasaran, Adidas Tampil dengan Sentuhan Keragaman Budaya


mediaindonesia.com |

PANDEMI Covid-19 yang genap dua tahun telah berimbas ke sektor industri termasuk industri sepatu. Namun ternyata tak semua produsen sepatu terdampak parah akibat pandemi.

Produsen sepatu olahraga atau sneaker terutama sepatu branded terkemuka masih bertahan. Sebaliknya produsen sepatu non-branded dan produksi industri kecil menengah (IKM) memang sangat terdampak imbas pandemi.  

Di tengah kembalinya geliat perekonomian beriringan menurunnya kasus Covid-19, perusahaan sepatu branded memanfaatkan peluang dengan melakukan terobosan.

Misalnya, produsen sepatu Adidas yang tergolong sepatu branded tak puas dengan mengandalkan popularitas mereknya. Sejumlah terobosan pemasaran untuk mendongkak minat konsumen dilakukan Adidas.

Produsen sepatu asal Jerman itu baru-baru ini meluncurkan Adidas City Pack. Kali ini Adidas ditawarkan dengan koleksi sepatu Adidas penampilan sentuhan yang berbeda dan baru dengan siluet ikonis UltraBoost DNA.

Koleksi ini merupakan buah karya dari enam individu kreatif asal Asia Tenggara. Setiap desain terbaru UltraBoost DNA ini mewakili indahnya keberagaman budaya negara di kawasan Asia Tengara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

"Sebagian besar koleksi City Pack akan tersedia di Indonesia dan dijual melalui adidas.co.id serta beberapa mitra ritel Adidas Indonesia mulai dari 11 November 2021," kata Senior Manager, Brand Activations Adidas Indonesia, Cinita Dewi Mayakatri, pada keterangan pers, Selasa (2/11).

Sebagaimana diketahui bahwa Asia Tenggara merupakan kawasan yang terus berkembang dan menjadi salah satu titik panas dari tatanan dunia baru. Kawasan ini kaya akan tradisi, memiliki beragam budaya serta disatukan dalam harapan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik.

"Asia Tenggara adalah rumah dari talenta terbaik di dunia, dalam bidang olahraga, seni, fashion, dan musik. Hal inilah yang menjadi dasar bagi Adidas untuk meluncurkan City Pack," ujar Cinita.

"Tak hanya hadir dengan desain yang segar, City Pack merupakan selebrasi bagi Asia Tenggara. Koleksi ini merupakan cerminan dari keragaman, kekayaan budaya, masyarakat dan identitas khas dari wilayah ini," jelasnya.

Cinita juga mengatakan,"Ultraboost (UB) merupakan salah satu produk ikonis yang selalu mampu memenangkan hati konsumen seluruh dunia dengan memberikan cara pandang baru bagi konsumen terhadap olahraga lari."

Melalui koleksi City Pack, jelas Cinita, kali ini Adidas menghadirkan kembali edisi UltraBoost  DNA untuk alasan yang berbeda.

"Kami ingin merayakan beragam identitas dan budaya di kawasan Asia Tenggara dengan menciptakan desain yang bermakna dan tergambar dengan baik dalam siluet ikonis adidas yang banyak disukai konsumen," ujarnya.

"Selain itu, kami juga ingin lebih memberdayakan individu-individu kreatif dari Asia Tenggara dengan menyediakan platform berskala global yang memungkinkan mereka untuk lebih dilihat, didengar dan bebas mengekspresikan cara pandang mereka yang beragam terhadap dunia melalui desainnya," papar Cinita.

Enam desain, enam negara dalam satu koleksi

Bekerja sama dengan individu kreatif lokal seperti Yeri Afriyani (Calla the Label) dari Indonesia, Jaemy Choong dari Malaysia, Greg Guleserian (Egg Fiasco) dari Filipina, Eman Raharno Jeman (Clogtwo) dari Singapura, Tanit Likitthamarak dari Thailand serta Le Thanh Tung (Crazy Monkey) dari Vietnam, City Pack diciptakan untuk menghadirkan kembali siluet populer, UltraBoost DNA dalam sentuhan baru.

Menampilkan ciri yang sangat khas dari masing-masing negara dengan desain unik dan memiliki makna tersendiri.Misalnya,untuk Indonesia, terinspirasi dari keberagaman budaya dan kekayaan warna kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Yeri Afriyani, seorang desainer mode otodidak yang juga founder dari Calla The Label, menciptakan pola warna-warni yang terdiri dari berbagai bentuk unik untuk koleksi City Pack dari Indonesia.

Setiap bentuk mewakili berbagai kepribadian yang dapat dengan mudah ditemui di seluruh pelosok negara kepulauan ini. Sepatu Adidas City Pack versi Indonesia ini juga dilengkapi dengan beragam warna disepanjang badan sepatu untuk mencerminkan bahwa Indonesia penuh dengan kekayaan budaya.

"Sebagai seorang seniman lokal, mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama dengan brand sebesar adidas merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. Saya melihat keberagaman dan banyak sekali warna di Indonesia," jelas Yeri Afriyani.

"Warna biru pada desain saya mencerminkan indahnya lautan yang mengelilingi negara ini, warna hijau terinspirasi dari hutan hujan tropis dan semburat jingganya melukiskan warna pasir yang terhampar di pantai-pantai Indonesia," tambah Yeri.

UltraBoost DNA City Pack dari Indonesia, Filipina, Singapura dan Thailand akan hadir di Indonesia dengan harga retail Rp 3,2 juta dan dapat dibeli di adidas.co.id dan beberapa mitra ritel Adidas Indonesia mulai dari 11 November 2021. (RO/OL-09)

 

 

BERITA TERKAIT