26 October 2021, 18:25 WIB

Local Heroes Festival Diharapkan Jadi Inspirasi Generasi Muda


Budi Ernanto | Ekonomi

ACARA kolaborasi UMKM dan generasi muda yang bertajuk Wirakarya Local Heroes Festival 2021 memasuki puncak acara yang akan diselenggarakan pada 26-27 Oktober ini.

Kegiatan yang dimulai dari Agustus lalu tersebut merupakan wujud semangat gotong royong yang dilakukan oleh para generasi muda bersama pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan di masa pandemi dan membantu menumbuhkan kecintaan produk lokal Indonesia. 

Dalam kegiatan itu para generasi muda dan UMKM tampil untuk mewakili provinsinya dengan mempromosikan produk melalui lomba live selling, video advertising dan empowerment action, semangat yang ditunjukkan oleh para generasi muda ini diwujudkan dalam sebuah karya yang apik dan menarik untuk dinikmati.

Menurut laporan yang diberikan oleh Isnawan sebagai ketua panitia Wirakarya Local Heroes Festival 2021 kegiatan ini diikuti oleh ratusan pemuda dari 24 provinsi yang harapannya dapat menjadi inspirasi dan diikuti oleh generasi muda lainnya.

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI yang diwakili oleh menteri koperasi dan UKM Teten Masduki, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemuda harus menjadi local hero dengan bangga pada buatan bangsa sendiri, menciptakan dan mengembangkan produk dalam negeri  dengan begitu ekonomi Indonesia akan kokoh dan mandiri.

"Dalam mendukung lebih banyak lagi local hero Kementerian Koperasi dan UKM menyiapkan program inkubator wirausaha melalui LPDB-KUMKM," kata Teten.

Teten menambahkan bahwa pada tahun ini, program inkubator wirausaha  LPDB-KUMKM telah bekerjasama dengan 8 inkubator wirausaha dan tahun 2022 ditargetkan sebanyak 10 inkubator wirausaha baru. 

"Selain itu kami terus mendorong wirausaha untuk masuk dalam ekonomi digital, per September 2021 UMKM onboarding ke dalam ekonomi digital telah mencapai 16,4 juta atau bertambah 8,4 juta UMKM selama pandemi," sambung dia.

Baca juga: Dukung Pengusaha UMKM Kuliner, Hublife Hadirkan Local Heroes

Dalam kegiatan ini GKR Mangkubumi sebagai ketua umum BPP AKU dan pencetus wirakarya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya bagi para generasi muda dan UMKM atas upaya dan kerja kerasnya mempromosikan produk lokal Indonesia, beliau menegaskan bahwa kegiatan ini sebagai langkah awal untuk memulai gerakan bangga buatan Indonesia. 

Masih berkaitan dengan UMKM dan generasi muda, Pandi menyelenggarakan sebuah kegiatan talkshow bertajuk Peran Generasi Muda Dalam Memajukan Ekonomi Kreatif Nasional.

Acara itu dihadiri Hermawati Setyorinny sebagai ketua umum AKU MANDIRI, Yudho Giri Sucahyo sebagai ketua umum Pandi dan Ansari Kadir sebagai co-founder GK Hebat. Talkshow itu merupakan rangkaian dari Wirakarya Local Heroes Festival 2021.

Dalam talkshow dibahas tentang peran serta generasi muda dalam pengembangan usaha mikro yang mengalami perkembangan sejak terjadinya pandemi covid-19, hadirnya generasi muda memiliki harapan baru dalam perkembangan UMKM yang lebih kreatif dan dinamis, Hermawaty menyampaikan bahwa AKU MANDIRI berusaha membantu orang-orang yang sedang mencari peluang bisnis. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan usaha-usaha baru yang lebih produktif.

Melalui pengalaman yang dimilikinya Ansari bercerita tentang awal mula merintis usaha yang banyak kendalanya hingga mendapatkan rekan kerja yang tepat untuk memperluas usahanya menjadi lebih maju. Menurut dia, generasi muda memiliki banyak ide namun harus mencari cara agar dapat merealisasikan ide tersebut, karena merealisasikan ide bisnis tersebut adalah hal yang paling sulit dilakukan tegasnya.

Sementara Yudho turut memberikan paparannya tentang peran teknologi di dalam kehidupan manusia di masa pandemi di mana manusia berinteraksi di ruang digital karena terbatasnya ruang fisik, namun hal tersebut bukan menjadi hambatan karena dengan menggunakan pemasaran digital justru dapat memperluas jangkauan pasar yang lebih luas dengan biaya yang lebih hemat.

Dengan bantuan teknologi Yudho berharap bahwa UMKM dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki tiap platform untuk mengoptimalisasikan usaha yang dilakukan. (RO/R-3)

BERITA TERKAIT