22 October 2021, 21:41 WIB

Bantu Ekspor Produk Indonesia, IWAPI DKI Jakarta Kolaborasi dengan Roemah Indonesia di Belanda 


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

SINYAL pemulihan ekonomi terus terlihat di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Menyambut momentum tersebut, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) DKI Jakarta bertekad membantu pemasaran produk Indonesia hingga luar negeri dengan menggandeng Roemah Indonesia di Belanda. 

Kerja sama yang berawal dari pembicaraan Ketua IWAPi DKI Jakarta Endah Ansoeroeddin dengan Founder Roemah Indonesia di Belanda, Tantri Soecipto itu dikukuhkan lewat penandatangan MoU di Jakarta, Jumat (22/10). 

Pada kesempatan itu,  hadir pula Pembina Rumah Indonesia Gati Wibawaningsih, Direktur Rumah Indonesia Dindin Mediana, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo, Ketua Umum DPP Iwapi Dyah Anita Prihapsari, dan Dewan Kehormatan Iwapi DKI Melanie Leimena Suharli yang hadir lewat zoom.  

“Ini merupakan bagian dari tanggung jawab saya terhadap semua anggota Iwapi DKI agar mereka bisa memasarkan produknya dan juga bisa go internasiona lsampai ke Belanda dan juga seluruh Eropa. Kerja sama ini juga suatu kebanggaan buat kami karena merupakan bentuk dukungan kami terhadap pemerintah dalam membantu pemulihan ekonomi,” jelas Endah. 

Endah berharap, kerja sama itu membuka jalan bagi produk UMKM Indonesia menembus pasar internasional. Ia menyebut telah mengkurasi UMKM yang bisa melakukan ekspor ke Belanda. 

Baca juga : Pendapatan Operasional Bersih Astra Property Tumbuh 51%

“Ada 4 UMKM yang sudah lolos dan dalam waktu dekat akan segera menuju Belanda untuk memasarkan produk mereka. Kurasi dilakukan setiap dua pekan. Jadi, nanti ke depan akan ada lagi yang lolos. Ini pertama kali dan harapan kami semua lancar,” tambah Endah.  

Tantri menjelaskan, Roemah Indonesia adalah tempat untuk semua yang berkaitan dengan Indonesia baik itu ekonomi maupun budaya bisa dipasarkan. 

“Harapan saya, kerja sama ini akan memberi semangat dan motivasi tersendiri bagi UMKM agar mampu meningkatkan kualitas, terutama bisa memenuhi standar Eropa jika ingin menembus pasar internasional,” kata Tantri. 

Ketua Umum DPP Iwapi, Nita Yudi pun menyatakan rasa bangganya dengan adanya MoU antara Iwapi DKI dan Roemah Indonesia. 

"Alhamdulilah dengan kerja sama ini, Roemah Indonesia memberikan kesempatan luas kepada produk-produk Indonesia bisa dipasarkan ke Belanda, khususnya UMKM anggota Iwapi DKI Jakarta,” tutur Nita. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT