22 October 2021, 20:25 WIB

Jokowi: RI Harus Jadi Pusat Eknomi Syariah Dunia


Dhika Kusuma Winata | Ekonomi

PRESIDEN  Joko Widodo menginginkan agar Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah dunia. Dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia harus memainkan peran utama dalam perkembangan ekonomi syariah dan juga industri halal..Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam peringatan Hari Santri Nasional 2021 dan Peluncuran Logo Baru Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (22/10.

"Saya sudah berkali-kali menyampaikan bahwa Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia harus menjadi pemain utama dalam ekonomi syariah dan industri halal di dunia. Indonesia harus menjadi pusat gravitasi ekonomi syariah dunia," kata Presiden.

Presiden Jokowi menyampaikan perkembangan ekonomi syariah Indonesia cukup besar. Berdasarkan data The State of Global Islamic Economy Report, sektor ekonomi syariah Indonesia sudah mengalami pertumbuhan yang berarti tahun demi tahun. Pada 2018, ekonomi syariah Indonesia berada di peringkat 10 besar dunia kemudian 2019 naik menjadi peringkat 5. Pada 2020, peringkat Indonesia kembali naik berada di peringkat 4 dunia.
"Naik, naik, naik terus. Namun kita tidak boleh berpuas diri," ucap Jokowi.

Presiden menyampaikan perlunya upaya yang sinergis antarpemangku kepentingan agar ekonomi syariah tumbuh lebih besar lagi. Menurut Presiden, peran penting itu harus dimainkan oleh Masyarakat Ekonomi Syariah. (OL-8)

BERITA TERKAIT