21 October 2021, 13:55 WIB

Bahlil: Jabar Berkontribusi Rp72,5 Triliun dalam Realisasi Investasi Nasional


Despian Nurhidayat | Ekonomi

MENTERI Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa Jawa Barat telah berkontribusi sebesar Rp72,5 triliun atau 16,4% dari total realisasi investasi nasional sepanjang semester I 2021 yang mencapai Rp442,8 triliun.

"Ini menunjukkan minat investasi dari dalam dan luar negeri kepada Jawa Barat sangat besar," ungkapnya dalam acara West Java Investment Summit 2021 secara daring, Kamis (21/10).

Secara rinci, capaian tersebut terdiri dari PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) sebanyak Rp28,2 triliun dan PMA (Penanaman Modal Asing) yang tercatat sebesar US$ 3 miliar.

Menurut Bahlil, kecenderungan para investor untuk berinvestasi di Jawa Barat diakibatkan oleh infrastruktur yang baik, penataan internal, pelayanan, produktivitas tenaga kerja dan masih banyak lainnya.

"Itu menjadi daya tarik tersendiri dibandingkan dengan yang lain, sekalipun di Jawa barat itu biayanya lebih besar daripada di beberapa provinsi seperti Jawa tengah atau di Jawa Timur," kata Bahlil.

Bahlil pun mengajak para investor baik dari dalam maupun luar negeri untul menanamkan modal di Jawa barat sebagai salah satu alternatif terbaik dari sekian banyak provinsi.

Menurutnya, dengan investasi Indonesia mampu meningkatkan perekonomian, menciptakan lapangan pekerjaan, menciptakan nilai tambah dan melahirkan impor. (Des/OL-09)

BERITA TERKAIT