21 October 2021, 10:21 WIB

Bulog Ditugaskan Beli Jagung Petani RI tapi Belum Dilakukan, ini Dalihnya


Muhamad Fauzi | Ekonomi

PEMERINTAH menugaskan Perum Bulog  menyediakan pasokan dari produksi dalam negeri dan penyaluran jagung kepada peternak sasaran atau Koperasi Peternak. Hal ini untuk menekan harga pakan yang tinggi karena lonjakan jagung dan membuat petani jagung Indonesia bisa tersenyum.

“Tingginya harga jagung di petani ini diharapkan mencerminkan kesejahteraan petani jagung, namun disisi lain berdampak kepada ribuan peternak mandiri yang kelimpungan dengan kenaikan harga pokok produksi, untuk itu BULOG mendapat penugasan penyediaan pasokan dan penyaluran jagung tersebut dengan selisih harganya akan dibiayai pemerintah sebagai subsidi ke peternak sasaran,” kata Sekretaris Perusahaan Perum BULOG Awaludin Iqbal dalam keterangan tertulisnya, yang diterima wartawan, Kamis (21/10).

Untuk penyediaan jagung, Perum BULOG mulai membuka jaringan suplai dengan bertemu para petani jagung, pengepul dan pemilik jagung lainnya. Pertemuan di Grobogan merupakan salah satu upaya BULOG membuka jaringan suplai.

Dalam melaksanakan penugasan, BULOG masih menunggu penetapan harga beli jagung oleh Pemerintah. Harga beli inilah yg akan menjadi dasar perhitungan bagi pelaksanaan penugasan oleh BULOG dan perhitungan subsidi kepada Peternak Sasaran.

Baca Juga: Budi Waseso: Bulog Berpotensi Merugi

"Sambil menunggu penetapan Harga Beli Jagung dalam program ini, BULOG telah berkoordinasi dengan jaringan pemasok jagung. Begitu harga beli jagung ditetapkan, kami segera menggerakkan jaringan suplai yg sudah dibentuk untuk penyiapan pasokan", tambah Awaludin Iqbal.

Menjaga harga petani agar petani tetap tersenyum dan menyiapkan bahan baku pada harga yang wajar bagi peternak adalah tugas publik pemerintah, yang akan dilaksanakan secara tuntas oleh Perum BULOG. (OL-13)

Baca Juga:Ketidakjelasan Bulog Serap Jagung 30.000 Ton bikin Petani ...

 
BERITA TERKAIT