19 October 2021, 14:10 WIB

Penting, Memilih Pengelola yang Profesional saat Mencari Apartemen


Mediaindonesia.com | Ekonomi

APARTEMEN masih jadi primadona bagi kaum milenial terutama di kota megapolitan seperti Jakarta sebagai alternatif hunian di tengah keterbatasan lahan. Tidak mengherankan jika pembangunan apartemen semakin marak seiring bertambahnya peminat. Namun, di luar itu keberadaan pengelola apartemen yang profesional juga sangat krusial.  

Data Knight Frank Indonesia mencatat penjualan apartemen atau kondominium di Jakarta pada semester I 2021 mencapai 95,7% dibandingkan periode yang sama pada 2020 (year-on-year). Saat ini total pasokan apartemen secara kumulatif mencapai 223.635 unit.

Baca juga: Apartemen Skandinavia Tambah Fasilitas Leisure Room Manjakan ...

Muhamad Wahyudi, Manager Maintenance Field and Quality Control di PT Mitsubishi Jaya Elevator and Escalator (MJEE) mengungkapkan beberapa hal yang harus diperhatikan konsumen terutama milenial sebelum memilih apartemen. Pertama, apartemen harus memiliki pengelola profesional sehingga gedung akan terpelihara dengan baik dan aman.

“Pemeliharaan gedung bertingkat butuh metode khusus dan harus dilakukan secara berkesinambungan, dan ini biasa dilakukan pengelola profesional karena mereka mengerti bagaimana menjaga hunian tetap aman dan nyaman,” jelasnya.

Beberapa apartemen dengan pengelolaan profesional baik di Jakarta maupun kota besar lainnya yang saat ini ditangani pemeliharaan fasilitasnya oleh MJEE antara lain Green Lake Sunter (North & South), Madison Park Apartment, Metro Park Apartment, Grand Madison Apartment, Podomoro City Medan, Borneo Bay Apartment, Soho Pancoran, Soho Podomoro City dan lainnya.

Kedua, fasilitas apartemen terjaga karena merupakan elemen penting untuk penunjang aktivitas penghuninya. Pengelola profesional akan memastikan gedung dan fasilitasnya terpelihara dengan baik. “Setiap orang yang beraktivitas di apartemen, baik penghuni, karyawan, tenant, hingga pengunjung berhak berada dalam kondisi aman dan nyaman tanpa dibayangi rasa takut akan suatu musibah yang mengancam keselamatan akibat kurang terpeliharanya gedung dan fasilitas,” ucapnya.

Menurutnya, pengelolaan menjadi hal utama bagi penghuni baru yang hendak memilih apartemen. Contoh fasilitas penting yang perlu diperhatikan pemeliharaannya adalah lift. Lift merupakan penunjang utama mobilitas setiap orang di apartemen. Lift harus dipelihara secara berkesinambungan. Sesuai standar, sarana ini minimal harus di cek berkala minimal satu bulan sekali dan memiliki prosedur apabila terjadi beberapa hal kendala teknis seperti gagal transfer atau listrik mati. Apabila sistem tersebut berjalan dengan baik, pemeliharaan terbukti berjalan dengan baik.

Wahyudi mengatakan pemeliharaan dan perbaikan lift hanya boleh dilakukan teknisi bersertifikat. Pengelola atau manajer properti dapat melakukan pengecekan secara berkala seperti menaiki setiap lift yang ada di setiap sudut apartemen untuk membantu identifikasi kemungkinan terjadinya masalah. “Harus dipastikan Rescue System-nya berfungsi dengan baik sehingga saat sistem membaca ada sebuah kendala, lift dapat ditransfer ke lantai terdekat dan mengamankan penggunanya,” katanya.

Sependapat, Jellyana, Direktur PT Gununghimun Peratama (GHP), mengatakan konsumen dapat memerhatikan ketersediaan fasilitas dan juga public service yang tawarkan untuk memberikan rasa nyaman saat tinggal di apartemen.

“Tentunya usia gedung akan semakin tua dan semakin banyak yang harus diperhatikan. Mulai dari tampilan luar gedung dengan pengecatan berkala, sistem keamanan lift juga harus dipastikan bekerja dengan baik. Itu membutuhkan pengetahuan yang mendalam, sehingga keberadaan pengelola professional sangat dibutuhkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan.”

Jellyana menyebutkan area publik yang tak kalah penting untuk ada di apartemen dan dijaga pemeliharaannya yaitu mulai dari koridor, lobby, ruang terbuka hijau, taman bermain, ruang serbaguna hingga sarana olahraga seperti kolam renang, lapangan dan jogging track.  Untuk itu, ia menyarankan bagi masyarakat yang memiliki rencana memiliki unit apartemen agar dapat memilih apartemen yang pengelolaannya sudah dilakukan secara profesional. Dengan begitu, penghuni mendapatkan ketenangan.

“Kita bisa cek latar belakangnya, pengalamannya seperti apa, berapa banyak apartemen yang ditangani, lalu siapa vendornya. Biasanya kita bisa dapat referensi dari orang terdekat, jika ada kerabat yang tinggal di apartemen, bisa tanyakan seperti apa pengelolaanya selama ini, apakah senantiasa memerhatikan, menjaga dan secara rutin melakukan perawatan terhadap fasilitas di lingkungan apartemen, dan lain sebagainya. Selain itu konsumen bisa cek di situs atau majalah properti untuk melihat rating pengelola,” ujar Jellyana. (RO/A-1)

 

BERITA TERKAIT