13 October 2021, 20:51 WIB

Menteri ESDM Berikan Penghargaan untuk Pelaku Good Mining Practices


mediaindonesia.com | Ekonomi

PENERAPAN kaidah good mining practice sangatlah penting dilakukan oleh setiap perusahaan tambang.

Guna mendorong, sekaligus mengapresiasi badan usaha pertambangan dan badan usaha jasa pertambangan yang telah melaksanakan good mining practices, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2021.

Penghargaan tersebut diberikan kepada badan usaha pertambangan yang telah menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik dan sebagai pendorong serta pemberi motivasi untuk dapat mencapai prestasi setinggi-tingginya dalam pengelolaan teknis pertambangan, pengelolaan keselamatan pertambangan, pengelolaan lingkungan hidup pertambangan, pengelolaan konservasi mineral dan batu bara, serta pengelolaan standardisasi dan usaha jasa pertambangan mineral dan batu bara.

"Terima kasih atas terselenggaranya acara ini sebagai ajang pemberian prestasi, apresiasi kepada badan usaha pertambangan dan badan usaha jasa pertambangan yang telah melakukan upaya untuk mematuhi kaidah teknis, melakukan konservasi sumber daya dan cadangan, menciptakan kondisi kerja yang aman, dan perlindungan terhadap lingkungan hidup dengan menerapkan praktek pertambangan yang baik dan benar, atau disebut good mining practices," tutur Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam sambutannya pada penyerahan penghargaan tersebut, Rabu (29/9).

Adapun Penghargaan Terbaik Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik ini di antaranya diberikan kepada;
●    PT Cipta Kridatama (CK) on site Mifa Bersaudara, Piagam Pratama kategori Pengelolaan Standarisasi dan Usaha Jasa Bidang Penambangan Sub Bidang Pemindahan Tanah/Batuan Penutup
●    PT Tunas Inti Abadi (TIA), Piagam Aditama, kategori Pengelolaan Lingkungan Pertambangan Mineral dan Batu Bara 
●    PT Mifa Bersaudara (MIFA), Piagam Utama, Kategori Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batu Bara

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin, mengatakan bahwa penghargaan ini adalah bukti pertanggungjawaban pelaku usaha pertambangan kepada masyarakat.

"Acara penghargaan ini sebagai bukti pertanggungjawaban kita kepada publik bahwa kegiatan pertambangan ini adalah industri yang kita upayakan sebaik-baiknya untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya," jelasnya.

"Selain itu juga menjaga keselamatan para pelakunya dan menjaga lingkungan dalam jangka panjang. Jadi good mining practices ini sesungguhnya adalah upaya kita mempertanggungjawabkan kegiatan kita semua, insan-insan pertambangan kepada publik," tandas Ridwan.

Terpisah, Andi Djajanegara selaku Presiden Direktur ABM Investama menjelaskan, sebagai perusahaan energi terintegrasi yang tumbuh dan beroperasi di Indonesia, ABM beserta seluruh entitas anak senantiasa berupaya mengelola kegiatan operasionalnya dengan menerapkan praktik kaidah pertambangan yang baik (good mining practice).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian ESDM atas apresiasi yang telah diberikan. Perolehan penghargaan ini tentunya akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan tambang serta lingkungan secara berkelanjutan,” jelas Andi. (RO/OL-09)
 

BERITA TERKAIT