11 October 2021, 10:26 WIB

Koridor Selatan Jakarta Makin Diminati, Telaga Kahuripan Banjir Pesanan


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

PANDEMI Covid-19 yang belum usai faktanya tak menyurutkan minat masyarakat dalam mencari properti khususnya rumah tapak. Pelaku bisnis properti mengklaim daya beli masyarakat tetap terjaga, kendati pertimbangan untuk memutuskan membeli hunian menjadi sedikit lebih panjang dari masa normal. 

Merujuk Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) yang dirilis Bank Indonesia, terungkap bahwa harga properti residensial tumbuh meningkat pada triwulan II 2021. Pertumbuhan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan II 2021 tercatat 1,49% (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 1,35% (yoy). 

Sementara harga properti residensial primer diprakirakan tumbuh lebih terbatas pada triwulan III 2021 sebesar 1,12% (yoy).

Di lain sisi, fokus masyarakat terhadap lokasi hunian kini semakin mengarah ke luar Jakarta, terutama di koridor selatan. Bukti inipun diamini temuan Rumah.com, yang menyatakan bahwa pencarian properti di koridor Selatan Jakarta yakni Kabupaten Bogor dan Kota Bogor pada Q2 2021 mengalami peningkatan 3-5% secara QoQ.

Naiknya persentase pencarian terhadap hunian di sisi Selatan Jakarta didasari banyak pertimbangan, diantaranya perkembangan pembangunan infrastruktur wilayah serta preferensi harga yang lebih terjangkau.

Salah satu contohnua, puluhan unit Cluster Aluna besutan Telaga Kahuripan yang berada di kawasan Kemang, Bogor, laris dipesan konsumen dalam waktu hanya satu bulan.

“Cluster Aluna kami perkenalkan di awal Agustus 2021, dan per akhir September sudah dipesan sebanyak 75 unit dari total 100 unit yang dipasarkan dalam tahap early bird. Kondisi ini tentunya menunjukkan bahwa niat masyarakat terhadap proses pembelian rumah sudah tidak lagi terpengaruh oleh situasi pandemi,” ujar Yulham Ferdiansyah Roestam, Chief Executive Officer PT Kuripan Raya.

Dalam proses pemasaran Cluster Aluna, Telaga Kahuripan bekerja sama dengan Esteem Development, Xavier Marks Realty, dan Linktown Property. Ketiga perusahaan agen properti itu bahkan menyatakan sangat percaya diri dalam memasarkan unit-unit Aluna ke khalayak. Pasalnya, secara lokasi, Cluster Aluna berada dalam kawasan township modern Telaga Kahuripan yang dikelilingi berbagai kemudahan akses.

Baca juga : Disuntik APBN, Ketua Banggar Minta Proyek Kereta Cepat Dorong Pertumbuhan Perekonomian Baru 

“Pertama yang dilihat Esteem Property adalah area. Secara area tentunya cukup besar jika kita bandingkan dengan perumahan lain di sekitaran Selatan Jakarta. Kedua secara akses, di mana nantinya Cluster Aluna menawarkan kemudahan akses menuju pusat kota Jakarta, dan ini adalah satu nilai jual tersendiri. Sehingga produk Aluna tidak hanya bisa ditawarkan ke end user namun juga investor. Nah, market-nya ini sangat luas,” ujar Erni Prijatna, Direktur Utama Esteem Development

Hal yang sama ditegaskan Meryana Michelle, Executive President Xavier Marks Kay Realty. Menurutnya, harga unit di Cluster Aluna yang masih relatif terjangkau yakni Rp750 juta, jadi daya tarik khusus. Apalagi Telaga Kahuripan menjadi satu wilayah ekstensif yang mengusung konsep resort.

"Bahkan lebar jalan (ROW) 10 meter membuat suasana perumahan jadi sangat berbeda. Melihat konsep ini, maka Xavier sangat optimistis untuk menjual produk Aluna," ujarnya. 

Cluster Aluna di Telaga Kahuripan memastikan akses mudah ke dan dari pusat Kota Jakarta melalui sejumlah jalur. Salah satunya yang bakal segera hadir adalah Jalan Bomang (Bojong Gede–Kemang) yang akan terhubung dengan Tol Serpong-Jagorawi (JORR 4) dan Tol Depok–Antasari.

"Saat ini unit di Cluster Aluna masih dalam tahap penawaran pre-launching. Launching resminya rencana kami hadirkan di akhir tahun 2021. Selama masa early bird, kami suguhkan beragam keringanan untuk konsumen seperti sistem cicil ke pengembang selama 24 kali. Konsumen juga bisa menikmati promo uang muka (DP) 10% yang boleh dicicil sampai 15 kali. Tak hanya itu, setiap pembelian unit pun langsung gratis AC di setiap kamar, water heater, instalasi CCTV dan smart home,” ungkap Chief Marketing Officer Telaga Kahuripan, Ferry Thahir.

Program cicil uang muka, lanjut Ferry, menjadi alternatif yang paling banyak diminati konsumen. Mayoritas konsumen melakukan cicilan DP 12 kali bayar atau dalam tenor satu tahun langsung kepada pengembang.

Menyoal kawasan, penghuni di Cluster Aluna dijamin tak akan kesulitan dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar. Sebab Telaga Kahuripan dilengkapi berbagai fasilitas komplit, mulai dari sarana ibadah (masjid dan gereja), dua sekolah bertaraf tinggi yakni Sekolah Madania dan Sekolah Marsudirini, minimarket, SPBU, dan sederet ruko komersial. Dalam waktu dekat, supermarket besar pun akan hadir di kawasan tersebut. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT