06 October 2021, 20:20 WIB

Tambahan Pekerjaan dari Perusahaan Swasta AS pada September Lebih Baik


Mediaindonesia.com | Ekonomi

PERUSAHAAN swasta AS menambahkan 568.000 pekerjaan pada bulan lalu. Angka ini lebih dari yang diharapkan dan berpotensi menjadi tanda bahwa angka ketenagakerjaan yang kuat akan datang.

Perusahaan jasa penggajian ADP mengatakan itu, Rabu (6/10). Survei tersebut dianggap sebagai pratinjau dari laporan ketenagakerjaan Departemen Tenaga Kerja yang akan dirilis Jumat untuk memperbarui tingkat pengangguran negara itu. 

Perekrutan September itu datang setelah penurunan data ADP pada Agustus, ketika sektor swasta menambahkan 340.000 pekerjaan yang direvisi turun. Laporan bulan lalu menunjukkan perekrutan yang kuat di sektor rekreasi dan perhotelan karena terus pulih setelah menanggung beban pemutusan hubungan kerja massal yang disebabkan oleh covid-19 pada 2020.

Sementara ekonomi telah menambahkan jutaan pekerjaan tahun ini karena vaksin memungkinkan bisnis untuk kembali ke operasi normal, varian virus delta yang menyebar cepat menyebabkan perekrutan kembali goyah dalam beberapa bulan terakhir. Angka perekrutan swasta dapat meramalkan laporan pekerjaan yang kuat, tetapi Rubeela Farooqi dari High Frequency Economics memperingatkan bahwa ADP jauh dari konsisten dalam memprediksi perubahan dalam data penggajian (pemerintah) mengingat perbedaan metodologi.

Bisnis besar menambahkan posisi terbanyak di 390.000. Perusahaan menengah mempekerjakan 115.000 dan usaha kecil membuat keseimbangan.

Baca juga: Pengangguran di Zona Euro Turun lagi ke 7,5%

Sektor jasa menjadi pendorong keseluruhan kenaikan itu dengan penambahan 466.000 pekerjaan versus 102.000 di industri penghasil barang. Wisata dan perhotelan menambah 226.000 pekerjaan, terbanyak dari semua kategori. Layanan profesional dan bisnis serta pendidikan dan kesehatan bertambah hingga 60.000. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT