05 October 2021, 11:08 WIB

Telkom Sebut Perbaikan Kabel Laut Jasuka Lebih Cepat dari Target


 Insi Nantika Jelita | Ekonomi

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mengaku telah memulihkan sistem komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa-Sumatera-Kalimantan) dan kembali beroperasi normal sejak senin pagi (4/10) pukul 05.30 WIB. Masalah pada sistem tersebut sempat membuat gangguan pada layanan internet Indihome.

Sehari sebelumnya, Telkom juga menyebut penyambungan kabel yang sempat terputus pada ruas Batam-Pontianak tersebut juga telah selesai dilakukan.

Penyelesaian semua ini dikatakan lebih cepat dari target waktu yang diperkirakan semula, yakni selama sebulan atau pada akhir Oktober nanti.

“Alhamdulillah saat ini kabel laut Jasuka sudah kembali pulih dan melayani trafik telekomunikasi dengan normal sehingga pelanggan dapat merasakan kembali beragam layanan TelkomGroup," kata Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono dikutip dari laman resmi Kementerian BUMN, Selasa (5/10).

Telkom menjanjikan akan terus melakukan monitoring trafik dan layanan guna memastikan kualitas layanan yang dirasakan pelanggan tetap berjalan baik.

“Diharapkan layanan Telkom Group ini dapat mendukung beragam kebutuhan pelanggan yang sarat akan teknologi digital karena kami meyakini dengan adanya digitalisasi di berbagai sisi dapat menjadikan Indonesia lebih baik lagi," tuturnya.

Sebelumnya, Pujo menerangkan, untuk perbaikan kabel laut yang merupakan sumber gangguan pada jaringan internet, Telkom melakukan penyambungan kabel laut yang didahului berbagai persiapan, seperti penyiapan cableship yang akan dioperasikan menuju titik gangguan untuk melakukan penyambungan, penyiapan peralatan, dan kelengkapan yang diperlukan. Lalu, pengajuan perizinan untuk pengerjaan perbaikan tersebut.

"Upaya-upaya yang kami lakukan untuk peningkatan kualitas layanan antara lain dengan melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam," tutupnya. (Ins/OL-09)

BERITA TERKAIT