01 October 2021, 23:25 WIB

Kereta Airlangga Rute Jakarta-Surabaya Diluncurkan, Tarif Mulai Rp49 Ribu


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) meluncurkan Kereta Api baru yaitu KA Airlangga relasi Pasar Senen, Jakarta- Surabaya Pasar Turi pulang pergi (pp) pada Jumat (1/10). Harga yang dipatok mulai dari Rp49 ribu untuk jarak tempuh 0 sampai 290 kilometer (km). 

Kemudian, tarif akan dikenakan Rp104 ribu untuk jarak tempuh lebih dari 290 km. Tiket KA Airlangga dapat dibeli di aplikasi atau website KAI dan channel penjualan lain. 

“KA Airlangga dioperasikan dalam rangka meningkatkan animo masyarakat untuk kembali menggunakan transportasi kereta api sehingga dapat memulihkan roda perekonomian masyarakat," kata Direktur SDM dan Umum KAI Agung Yunanto dalam rilisnya, Jumat (1/10). 

Untuk jadwal keberangkatan KA Airlangga dari Stasiun Pasar Senen adalah pukul 11.30 dan tiba di Stasiun Pasar Turi pukul 23.00. Sedangkan, keberangkatan KA Airlangga dari Stasiun Pasar Turi adalah pukul 12.25 dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 00.10. 

Baca juga : Dua BUMN Berkolaborasi Kembangkan Bisnis Jalan non Tol

KA Airlangga dioperasikan berdasarkan penugasan Kementerian Perhubungan kepada KAI melalui surat dengan nomor KA.005/1/25/K2/DJKA/2021 pada 28 September 2021 perihal Pengoperasian KA Airlangga Sebagai KA Kewajiban Pelayanan Publik/Public Service Obligation (PSO). 

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Restyawan mengatakan hadirnya KA Airlangga ini untuk mempermudah layanan transportasi darat penumpang. 

“KA Airlangga hadir untuk menjadi alternatif kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan,” ucapnya. 

KAI menjelaskan, nama KA Airlangga terinspirasi dari nama raja pendiri Kerajaan Kahuripan di Jawa Timur yang memerintah pada abad ke-11. Di akhir masa pemerintahannya, kerajaannya dibelah dua menjadi Kerajaan Kadiri dan Kerajaan Janggala bagi kedua putranya. (OL-7)

BERITA TERKAIT