01 October 2021, 17:19 WIB

Energi Naikkan Inflasi Zona Euro Tertinggi dalam 13 Tahun


Mediaindonesia.com |

HARGA konsumen zona euro naik pada laju tercepat sejak 2008 pada September. Ini didorong harga energi yang meroket.

Eurostat, badan statistik resmi Uni Eropa, Jumat (1/10), mengatakan inflasi zona euro mencapai 3,4% secara tahunan. Harga energi meningkat 17,4%.

Kenaikan biaya jauh di atas target 2,0% di Bank Sentral Eropa. Ini akan meningkatkan tekanan pada pemerintah Uni Eropa agar mengambil langkah-langkah meringankan beban biaya energi.

Presiden ECB Christine Lagarde menegaskan bahwa inflasi yang tinggi tetap menjadi fenomena sementara terkait dengan pandemi virus korona yang telah mengganggu rantai pasokan dan pasar energi. Tapi Eurostat mengatakan inflasi inti, yang menghapus energi dan barang-barang lain, mencapai 1,9% atau naik dari 1,6% sebulan sebelumnya.

Harga energi menjadi perhatian politik di Eropa. Negara-negara mempertimbangkan berbagai rencana darurat untuk menurunkan harga bagi konsumen.

Brussels sedang mempersiapkan serangkaian langkah-langkah jangka pendek seperti pemotongan pajak pertambahan nilai dan cukai energi. Ini dilakukan dengan tetap menjaga komitmen untuk sumber energi yang lebih terbarukan. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT