29 September 2021, 13:23 WIB

Gara-gara Anak Kecil, Pesawat Citilink Mendarat Darurat di Palembang


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MASKAPAI Citilink penerbangan QG 944 rute Cengkareng - Batam pada Senin (27/9) melakukan pendaratan darurat ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang pada 16.05 WIB. Alasannya ini disebabkan oleh anak kecil yang berada di pesawat itu.

"Penumpang anak-anak yang berada di seat row 11 dalam penerbangan tersebut melepas penutup pelindung tuas pintu darurat atau cover handle emergency exit di luar pengawasan orang tuanya," jelas VP Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia Diah Suryani dalam keterangannya, Rabu (29/9).

Awak kabin yang bertugas, lanjutnya, telah melakukan tindakan sesuai prosedur dengan segera menginformasikan kejadian tersebut kepada captain pilot yang segera memutuskan untuk mengalihkan (divert) penerbangan ke bandara terdekat, yakni di Sultan Mahmud Badaruddin II, untuk dilakukan pengecekan secara teknis kondisi pesawat dan memastikan pesawat dalam kondisi aman.

"Selain itu awak kabin segera meminta keterangan kepada orang tua anak tersebut. Adapun orang tua anak tersebut juga dimintai keterangan oleh otoritas yang berwenang saat mendarat di bandara Palembang," jelas Diah.

Dia mengatakan, operasional penerbangan Citilink tersebut tetap berjalan dengan normal dan seluruh penumpang yang berada dalam penerbangan dikatakan berada dalam kondisi baik.

Citilink sendiri menjelaskan, dalam mengangkut anak-anak sudah mendapat izin dan rekomendasi dari tim Satgas Covid-19 setempat (Bandar udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang).

Dalam hal ini, Citilink mengaku bertugas untuk memeriksa kembali kelengkapan dokumen calon penumpang sebelum akan naik ke pesawat. (Ins/OL-09)

BERITA TERKAIT