27 September 2021, 23:10 WIB

Bantu UKM Ekspor Produknya, Importir.org Luncurkan Jaloor 


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

Bantu UKM Ekspor Produknya, Importir.org Luncurkan Jaloor 

PLATFORM Importir.org mengembangkan fitur Jaloor yang fokus untuk membantu pelaku usaha kecil menengah (UKM) melakukan kegiatan ekspor. 

Co-Founder Jaloor Sergio Sebayang mengatakan, platform Jaloor hadir untuk membantu pengurusan ekspor UKM mulai dari kelengkapan dokumen, status barang di pelabuhan, verifikasi HS Code, dan sejumlah keperluan lain untuk ekspor. 

"Kmi sudah berpengalaman melakukan kegiatan ekspor-impor sejak tahun 2015 sehingga sudah merasakan banyak sekali kesalahan dalam kegiatan pengiriman. Dengan pengalaman tersebut maka Jaloor adalah solusi untuk membantu para pelaku UKM yang ingin melakukan proses ekspor agar lebih mudah dan tidak perlu merasa kesulitan," kata Sergio. 

Sergio menegaskan, Jaloor akan membantu pelaku UKM sebagai export agency, dengan mempersiapkan materi-materi penjualan, menghubungi calon pembeli, bahkan akan membantu hingga terjadi proses negosiasi dengan calon pembeli. 

Baca juga : Omzet Rp4 Miliar Sebulan, Wearing Klamby Buka Gerai Pertama

'Hal ini dikarenakan Jaloor akan membantu menyediakan data dari perusahaan-perusahaan di luar negeri yang menggunakan dan memiliki kebutuhan impor dari produk-produk hasil produksi ataupun olahan Indonesia, baik itu hasil alam, maupun produk kerajinan," imbuhnya. 

Sergio menambahkan, program pendampingan dari Jaloor akan dilakukan sampai terjadinya komunikasi antara pelaku UKM dengan calon pembeli, dengan harapan rangkaian ekspor yang dilaksanakan bisa menjadi jauh lebih cepat, sehingga pelaku UKM Indonesia dapat belajar sekaligus praktek dan merasakan bagaimana alur ekspor berjalan dari awal hingga akhir. 

Karena seluruh program yang disediakan oleh Jaloor, diharapkan bisa membantu dan menggapai lebih banyak lagi pelaku UKM untuk menembus pasar internasional sehingga dapat mengembangkan bisnis dan membantu perekonomian mereka. 

"Jaloor percaya, bahwa dalam rangka mendongkrak ekspor produk Indonesia, diperlukan serangkaian kerjasama dan kolaborasi dari semua pihak yang terlibat, agar semakin banyak pihak  yang akan merasakan manfaatnya," pungkas Sergio. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT