25 September 2021, 10:54 WIB

Mentan: Data Statistik Berkualitas Jadi Modal untuk Sejahterakan Masyarakat


Despian Nurhidayat | Ekonomi

MENTERI Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengungkapkan bahwa data statistik yang berkualitas merupakan modal utama bagi Indonesia untuk menjadi negara yang maju, mandiri, tangguh dan tumbuh menjadi negara yang modern serta mampu menyejahterakan kehidupan masyarakat.

"Bagi saya, data salah sumber informasi yang tidak boleh terakrobatisasi atau bias dari kepentingan yang ada. Data tidak boleh salah, karena data menentukan arah kebijakan," ungkapnya dalam Seminar Hari Statistik Nasional 2021, Sabtu (25/9).

Syahrul menambahkan, data statistik menjadi sangat penting. Pasalnya, data statistik merupakan awal dari perencanaan dan akhir dari semua keberhasilan. Maka dari itu, semua hal harus dimulai dari data yg akurat dan benar.

"Perencanaan agregasi konsepsi yang terstruktur dan baik hanya ada dalam data statistik," ujar Syahrul.

Dengan adanya data, sektor pertanian yanh menjadi tulang punggung kehidupan bangsa akan tergarap dengan benar dan membuat kemampuan ekonomi mulai dari desa, kabupaten, provinsi dan secara nasional tumbuh dengan baik.

"Pertanian itu sangat penting bagi kehidupan kita sebagai bangsa keempat terbesar dunia dengan penduduk sebanyak 273 juta orang. Pertanian adalah lapangan kerja yang terbesar. Pertanian memperkuat ekonomi dasar sebuah daerah yanh bisa maju," pungkasnya. (Des/OL-09)

BERITA TERKAIT