25 September 2021, 10:31 WIB

Bappenas: Data Jadi Modal Penting Perencanaan Pembangunan


Despian Nurhidayat | Ekonomi

MENTERI PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menegaskan bahwa data merupakan sebuah modal penting dalam perencanaan pembangunan. Menurutnya, data bukan hanya deretan angka-angka yg menunjukkan perkembangan, tetapi merupakan bagian terpenting dari setiap upaya penyusunan perencanaan.

"Apalagi dalam kondisi Covid-19, dengan peranannya yg teramat strategis, data sangat diperlukan dalam rangka untuk menyusun upaya2 kita terhadap pemulihan ekonomi nasional," ungkapnya dalam Seminar Hari Statistik Nasional 2021, Sabtu (25/9).

Lebih lanjut, Suharso menuturkan bahwa satu data Indonesia menjadi langkah maju bagi Indonesia. Dia pun berharap para pemangku kepentingan dapat membentuk kolaborasi yang menghasilkan data statistik berkualitas dengan semua pihak.

"Tentu saja kolaborasi ini akan meningkatkan daya upaya kita dalam memaksimalkan kehadiran data untuk kepentingan yang jelas," tegas Suharso.

Suharso berharap, semua pihak dapat bersama-sama menghasilkan data yang berkualitas untuk mampu memenuhi kebutuhan pembangunan nasional.

"Dengan statistik yang berkualitas, kita menuju Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh," pungkasnya. (Des/OL-09)

BERITA TERKAIT