23 September 2021, 19:10 WIB

Apple Blokir Gim Fortnite dari App Store


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

APPLE Inc. memblokir gim Fortnite dalam aplikasinya, App Store, selama beberapa tahun ke depan hingga banding atas gugatan di pengadilan selesai dengan Epic Games Inc selaku pembuat gim battle-royale yang populer.

"Tidak akan mempertimbangkan permintaan pemulihan lebih lanjut sampai keputusan pengadilan distrik menjadi final dan tidak dapat diajukan banding," tulis surat Apple yang dikirim ke pengacara Epic yang diterbitkan di Twitter oleh Chief Executive Officer Epic Tim Sweeney. Proses itu bisa memakan waktu lima tahun, tambahnya.

Epic menggugat Apple pada Agustus 2020 setelah perusahaan pembuat iPhone itu menghapus Fortnite dari App Store. Pertempuran mencapai puncaknya bulan ini. Hakim Distrik AS Yvonne Gonzalez Rogers dilaporkan berpihak ke Apple. Epic pun akan mengajukan banding.

Pada 16 September, Sweeney meminta Phil Schiller, Eksekutif Apple yang bertanggung jawab atas App Store, untuk mengaktifkan kembali akun pengembang Epic. Itu akan memungkinkan pengiriman ulang Fortnite di masa depan dan membiarkan perusahaan gim mengembangkan Unreal Engine dan perangkat lunak lain untuk perangkat Apple.

"Epic berjanji akan mematuhi pedoman Apple kapan pun dan di mana pun kami merilis produk di platform Apple," tulis Sweeney dalam email, yang dia publikasikan di Twitter-nya. Dia mengatakan bahwa jika Epic mendapatkan kembali akun pengembangnya, ia berencana untuk merilis ulang Fortnite untuk komputer Mac sesegera mungkin dan menggabungkan kembali Fortnite untuk iPhone dan iPad ke dalam proses pengembangan Unreal Engine.

Selain mengajukan banding Epic, Apple dapat memilih untuk menentang putusan itu sendiri atau meminta penundaan dari pengadilan untuk menunda perubahan. Mark Perry, seorang pengacara yang mewakili Apple, mengatakan perusahaan tidak akan segera mengembalikan akun pengembang karena dugaan perilaku duplikat Epic di masa lalu.

Baca juga: Apple Akuisisi Layanan Musik Klasik Primephonic

Menyusul keputusan itu, Epic membayar Apple US$6juta untuk menghindari biaya pembelian dalam aplikasi perusahaan. Selama uji coba, Apple mengatakan akan mengembalikan Fortnite jika Epic mengikuti aturan App Store yang sama dengan pengembang lain. (Al-Jazeera/OL-14)

BERITA TERKAIT