19 September 2021, 18:00 WIB

Pandemi tak Hambat Panda Lovely Lebarkan Sayap


Budi Ernanto | Ekonomi

 

TIDAK semua orang bisa merintis bisnis dari nol hingga menjadi besar dan sukses. Tapi, Indra Rinaldy dan istrinya Siti Sholikah menjadi pasangan yang beruntung bisa merasakan pengalaman tersebut.

Indra tumbuh dari keluarga broken home, sementara istrinya yang akrab disapa Sol adalah anak seorang tukang becak di Nganjuk, Jawa Timur. Kondisi tersebut membuat mereka harus menjalani hidup yang mandiri. Tapi dari situ lah ide bisnis untuk bisa menopang kehidupan muncul.

"Mulanya kami berbisnis fashion dengan brand Hijup Panda di Jombang (Jawa Timur). Kemudian merambah ke bisnis skincare. Semuanya dari modal yang kecil, jualan melalui online," ujar Indra dalam keterangannya, Minggu (19/9).

Seiring berjalannya waktu, bisnis mereka mulai berkembang. Dari proses penjualan online, Indra dan Sol memiliki toko kecantikan dengan nama Panda Lovely. Perlahan-lahan tokonya mulai bertambah di tiga kota, yakni Jombang, Kediri dan Tulungagung.

"Di musim pandemi bisnis kami malah semakin meroket. Jadi kami beranikan untuk buka store di kota lain," imbuh pemilik akun @indra_rinaldy di Instagram itu.

Panda Lovely sendiri baru saja melakukan grand opening toko keempatnya di tanggal pekan lalu di Mojokerto, Jawa Timur. Toko yang menjual berbagai kebutuhan perawatan wajah dan tubuh itu sukses melebarkan sayapnya dari semula berjualan online hingga membuka gerai.

Baca juga: Brand Kecantikan Maange Mulai Gencar Sasar Pasar Indonesia

Kendati sudah memiliki tiga toko offline di Jombang, Kediri, dan Tulungagung, Panda Lovely tetap menjalankan bisnisnya secara online melalui akun @pandalovely_id di Instagram.

"Kami bekerjasama dengan ratusan merek skincare dan kosmetik seperti Wardah, Scarlett dan Somethinc. Brand luar juga tersedia di toko seperti COSRX, Ariul, dan masih banyak lainnya. Intinya, ada banyak brand lokal dan Korea, berbagai macam produk masker, dan pastinya produk-produk yang dijual sudah lulus uji BPOM. Jadi pelanggan bisa dapat yang mereka cari dari satu toko saja," tutur Sol, pemilik akun @siti_sholikah di Instagram.

Untuk mempertahankan pelanggannya, Panda Lovely juga kerap mengadakan promo dan dengan kreativitasnya ikut tren yang belakangan ramai dilakukan di sosial media seperti ikoy-ikoyan. Indra dan Sol juga giat melakukan promosi melalui berbagai media sosial, selain Instagram juga melalui TikTok.

Pasangan suami istri ini ingin Lovely Panda senantias meningkatkan kualitas pelayanan dan kelengkapan produk terbaru, sehingga konsumen mendapatkan produk yang dicari sesuai kebutuhan. Pelayanan juga jadi nilai plus Panda Lovely dalam memperlakukan para pelanggan yang datang ke toko. 

“Alhamdulillah, di luar ekspektasi, antusiasme dan animo dari customer lokal Mojokerto yang penasaran dengan store Panda Lovely sangat besar. Apalagi ternyata sudah banyak yang tahu Panda Lovely sebelumnya,” ujar Indra puas. (R-3)

BERITA TERKAIT