17 September 2021, 20:31 WIB

Gandeng Nokia, Indosat Ooredoo Luncurkan Jaringan 5G


mediaindonesia.com | Ekonomi

NOKIA dan Indosat Ooredoo meluncurkan layanan komersial 5G di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (17/9). Dengan kerja sama ini, Indosat Ooredoo menawarkan layanan komunikasi terdepan kepada para pelanggan di seluruh Indonesia, termasuk layanan seluler dan telepon tetap, video, internet, dan komunikasi bisnis.

Nokia sebelumnya telah bekerjasama dengan Indosat Ooredoo untuk peningkatan beberapa jaringan di Indonesia, termasuk solusi jaringan IP/MPLS mobile transport dan LTE-Advanced.

Nokia dan Indosat Ooredoo, bersama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya dan Universitas Oulu, Finlandia juga akan membuka Nokia 5G Experience Center di kampus ITS di Surabaya.

"Saya sangat bersyukur dan bangga untuk meluncurkan layanan 5G Indosat Ooredoo di Surabaya sejalan dengan komitmen kami untuk terus menjadi yang terdepan dalam revolusi 5G di Indonesia," papar President Director & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, pada peluncuran layanan tersebut.

Dia mengatakan teknologi ini akan membantu membuka banyak peluang bagi pendidikan, masyarakat, dan ekonomi daerah. Dia mengatakan sebagai hasil kolaborasi dengan ITS, Nokia, dan Universitas Oulu Finlandia, Indosat Ooredoo menghadirkan 5G Experience Center yang canggih untuk melengkapi inovasi dan pengembangan konten use case lokal yang relevan dengan kebutuhan kota ini.

"Dengan dukungan penuh dari Pemerintah, Indosat Ooredoo terus mempercepat transformasi Indonesia menjadi bangsa digital dan berkemampuan 5G,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, President of Mobile Networks Nokia, Tommi Uitto, mengatakan pihaknya sangat antusias untuk meluncurkan layanan komersial 5G di Indonesia bekerjasama dengan Indosat Ooredoo sebagai mitra terpercaya.

"Portofolio AirScale Nokia akan memberikan layanan terbaik di kelasnya bagi para pelanggan Indosat Ooredoo. Ke depannya saya berharap dapat terus bekerja sama dengan Indosat Ooredoo untuk menghadirkan layanan 5G di Indonesia. Pembukaan Nokia 5G Experience Center juga akan membantu untuk menyediakan platform guna mendorong inovasi di tanah air," jelas Uitto.

Rektor ITS Prof.Dr.Ir. Mochamad Ashari sangat mengapresiasi dapat bermitra dengan Nokia untuk membawa inovasi 5G ke Indonesia, khususnya di Surabaya.

"Melalui kerjasama ini, kami bertujuan untuk menyediakan platform bagi para pemikir muda untuk berkolaborasi langsung dengan para pemimpin industri dan bisnis serta mengembangkan solusi 5G yang akan bermanfaat bagi universitas dan masyarakat luas," ujarnya.

Ashari mengatakan peluncuran Nokia 5G Experience Center ini juga sejalan dengan agenda pemerintah yang menginginkan ITS menjadi ujung tombak untuk melakukan edukasi dan penelitian serta memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dan kampus ITS untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi teknologi.

BERITA TERKAIT