17 September 2021, 15:35 WIB

Dorong Kebangkitan Bisnis Perhotelan, Pamerindo Gelar FHI secara Virtual


Mediaindonesia.com | Ekonomi

PANDEMI covid-19 yang melanda dunia selama hampir dua tahun terakhir memang melumpuhakn banyak sektor kehidupan. Salah satu sektor yang paling terdampak dari wabah berkepanjangan tersebut yakni bisnis pariwisata dan perhotelan.

Berangkat dari situ Food & Hotel Indonesia (FHI) kembali digelar pada 21-24 September dengan format baru, yakni virtual exhibition (VirtualHub).  Penyelenggaraan secara online atau VirtualHub merupakan langkah agar ajang itu tetap berlangsung selama pandemi.

Baca juga: Optimistis dengan Kebangkitan Properti, DMS Siap Renovasi Hotel ...

Food & Hotel Indonesia adalah pameran 2 tahunan yang diselenggarakan oleh PT Pamerindo Indonesia dan telah diadakan sebanyak 15 edisi. Tujuannya adlaah menghadirkan wadah  bagi pembeli dan penjual untuk saling terhubung, bertukar informasi serta inovasi terbaru dan bertransaksi.

Pandemi Covid-19 berdampak pada hampir seluruh industri, namun industri F&B mampu terus mencatatkan pertumbuhan positif. Data Kementerian Perindustrian mencatat Industri makanan minuman tumbuh positif di angka 2,95% pada triwulan II-2021.

Leonarita Hutama Marketing Communication Manager Food & Hotel Indonesia mengatakan, di setiap penyelenggaraan, FHI selalu melibatkan berbagai pelaku bisnis dan berbagai brand makanan dan minuman (F&B) serta perhotelan. "Lewat wadah FHI, kami berharap mampu memberikan sumbangsih terhadap peningkatan mutu dan kualitas industri F&B dan perhotelan di Indonesia serta memudahkan pebisnis lokal untuk melebarkan sayap bisnisnya secara global," ujarnya.

Lebih lanjut Leonarita mengatakan, FHI Virtual hub menampilkan lebih dari 300 produk berkualitas dari berbagai merek ternama, menawarkan berbagai kategori yang dibutuhkan dalam industri perhotelan dan F&B, yakni makanan dan minuman, speciality coffee & tea, foodservice & hospitality equipment, hospitality design & supplies, hospitality technology, wine-spirit & alcoholic drinks, dan Bakery, pastry & gelato.

Leonarita berharap penyelenggaraan FHI VirtualHub dapat menjawab ekspektasi seluruh pihak, mempertemukan exhibitor dan potential buyers guna memberikan peluang bisnis jangka panjang dan ekspansi bisnis yang lebih luas lagi ke pasar global. “Secara angka, kami menargetkan 1.000 registrasi pengunjung selama 4 hari acara pameran FHI VirtualHub 2021 berlangsung.”

Hingga saat ini, telah bergabung lebih dari 50 perusahaan atau exhibitor dalam FHI VirtualHub 2021. Leonarita menambahkan, FHI VirtualHub 2021 menawarkan pengalaman baru, membuka peluang, dan keuntungan baru bagi konsumen maupun pebisnis bidang perhotelan dan F&B. Menurutnya, event ini sebagai solusi atas pembatasan aktivitas fisik berskala besar yang saat ini diterapkan di Indonesia. “VirtualHub adalah platform networking bisnis yang menghubungkan langsung antara exhibitors dengan konsumen atau trade buyers secara efisien di tengah pandemik saat ini,” tambahnya.

FHI VirtualHub 2021 menawarkan fasilitas Virtual Business Matching Programme, yakni fitur dengan teknologi artificial intelligence (AI) yang menyajikan rekomendasi akurat berdasarkan analisa data dan minat pengunjung sehingga mampu memberikan rekomendasi exhibitor yang diinginkan.

Melalui Virtual Business Matching Programme pengunjung yang telah terdaftar dapat memberikan preferensinya untuk mencari exhibitor yang diinginkan. Setelah dikonfirmasi oleh sistem dan kesepakan jadwal pertemuan, maka pengunjung dapat melakukan 1-on-1 video call maupun mengirimkan pesan pribadi. “Pembeli maupun exhibitors dapat menjalin hubungan bisnis melalui video call maupun private message dengan calon rekan bisnisnya layaknya sebuah pameran offline.”

Tidak hanya pertemuan bisnis secara daring, FHI VirtualHub 2021 juga menawarkan Program Hospitality, F&B Hub Week sebagai wadah komprehensif bagi pebisnis dalam industri ini untuk berinteraksi bersama, berbagi ide, tren, dan pengetahuan bisnis perhotelan dan F&B.  FHI VirtualHub 2021 juga menyediakan digital showroom didukung oleh Saladplate Indonesia, yakni fitur katalog produk digital yang dapat diakses selama 24/7.

FHI VirtualHub 2021 kali ini juga menghadirkan Saladplate Indonesia, sebuah marketplace Business to Business (B2B) khusus produk perhotelan dan F&B. Platform web based ini diharapkan menjadi sebuah terobosan bagi supplier lokal untuk memamerkan produk mereka sehingga dapat menjangkau pembeli potensial dari pasar yang global yang lebih luas. Saladplate Indonesia menyediakan berbagai jenis kategori produk, antara lain makanan dan minuman, peralatan layanan makanan, perlengkapan restoran, produk sekali pakai, hingga layanan industri. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT