15 September 2021, 23:07 WIB

Petrokimia Gresik Dukung Penguatan SDM melalui Program DLC


Andhika Prasetyo | Ekonomi

PETROKIMIA Gresik meluncurkan Digital Learning Center (DLC) sebagai upaya mendukung pemerintah dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Melalui program tersebut, para karyawan perseroan akan memperoleh berbagai pelatihan untuk meningkatkan kemampuan di bidang teknologi.

Tidak hanya ditujukan bagi pekerja, DLC juga menyasar para mahasiswa magang dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo mengungkapkan, selama pandemi, banyak mahasiswa kesulitan mencari tempat praktik karena banyak perusahaan menutup program magang demi mencegah penyebaran covid-19.

“Di situ, DLC Petrokimia Gresik menjadi solusi. Mahasiswa magang tidak perlu datang ke pabrik untuk melakukan praktik kerja industri. Mereka bisa mendapatkan pengalaman magang yang riil melalui empat platform digital yang kami sediakan," ujar Dwi melalui keterangannya, Rabu (15/9).

Baca juga : Masuk Era New Normal, Masyarakat Diajak Beradaptasi dan Gali Potensi Diri

Adapun, empat platform itu meliputi Enterprise University, Virtual Reality, Augmented Reality dan 360 Plant Facility Learning.

Petrokimia Gresik pun menjadi BUMN pertama yang menggunakan virtual reality dalam metode pembelajaran digital.

“Kecepatan beradaptasi terhadap transformasi digital menjadi hal yang tidak bisa ditawar utamanya di tengah pandemi. Ke depan, Petrokimia Gresik akan terus melakukan improvement terhadap inovasi yang telah dilakukan agar manfaatnya dapat dirasakan lebih banyak pihak," tandas Dwi.

Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN Zuryati Simbolon mengapresiasi terobosan yang dilakukan Petrokimia Gresik.

“BUMN harus mampu menjadi solusi dari setiap permasalahan yang ada. DLC Petrokimia bisa mewujudkan hal itu melalui kepemimpinan teknologi, digitalisasi, dan industri 4.0," ucapnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT