15 September 2021, 20:23 WIB

Bocoran Hasil Rapat, Garuda Berencana Memperbesar Bisnis Citilink


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MASKAPAI penerbangan nasional Garuda Indonesia (GIAA) berencana mengembangkan anak perusahaannya, Citilink kedepannya. Hal ini dibocorkan dalam hasil rapat Garuda dengan jajaran Citilink Indonesia, Asosiasi Pilot Citilink (APIC), dan Asosiasi Cabin Crew Citilink (ACCI) pada 1 September 2021.

Saat dikonfirmasi, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menegaskan, hasil rapat itu belum keputusan final alias masih dalam tahap pembahasan. 

"Itu isi diskusi internal bukan notulen (resmi). Masih diskusi, jadi membahas sana sini," ungkapnya kepada Media Indonesia, Rabu (15/9).

Namun, Irfan mengaku segala opsi untuk kemajuan bisnisi induk di sektor penerbangan, termasuk mengembangkan bisnis Citilink akan dipertimbangkan pihaknya. 

"Ini masih diskusi, semua opsi dipertimbangkan," tegas Dirut Garuda itu.

Baca juga : Perlu Kesadaran Bersama Patuhi Aturan Mobilitas di Masa Pandemi

Garuda pun melayangkan surat keberatan atas terhadap hasil rapat ACCI yang bocor dan beredar di media sosial, yang bersumber dari Minutesof Meeting (MOM) yang diterbitkan oleh APIC.

Dalam isi rapat tersebut, ada beberapa poin tertulis yang dilampirkan. Misalnya disebutkan, PT.Garuda Indonesia adalah pemegang saham terbesar PT. Citilink Indonesia. Oleh karena itu Dirut Garuda meminta adanya permintaan sinergi kerjasama dapat didukung dengan baik demi keberlangsungan induk perusahaan.

Poin berikutnya, manajemen telah memutuskan bahwa PT.Citilink Indonesia akan dibesarkan, dan PT. Garuda Indonesia akan dikecilkan.

Lalu, tertulis juga bahwa total pesawat yang akan beroperasi di PT. Garuda Indonesia menjadi 66 pesawat. Semua pesanan Airbus telah dibatalkan dan diganti 20 pesawat A320 untuk PT. Citilink Indonesia. (OL-7)

BERITA TERKAIT