15 September 2021, 17:36 WIB

Pemilik Merek Zara Raih Untung Semester I Dekati Tingkat Prapandemi


Mediaindonesia.com | Ekonomi

PERITEL mode Spanyol, Inditex, pemilik merek Zara dan Massimo Dutti, melaporkan keuntungan semester pertama yang kuat mendekati tingkat prapandemi. Ini karena penjualan perusahaan melonjak akibat para pelanggan kembali ke toko dan berbelanja online.

Laba raksasa ritel itu sejatinya telah dihancurkan oleh tindakan penguncian pada puncak krisis covid-19 pada tahun lalu. Syukurnya, pembukaan kembali ekonomi telah membawa para pembeli kembali ke tokonya.

"Pemulihannya semakin cepat," kata kepala eksekutif Inditex, Pablo Isla, dalam telekonferensi, Rabu (15/9). Ia menambahkan bahwa kegiatan kelompok itu telah kembali ke tingkat prapandemi.

Perusahaan membukukan laba bersih hampir 1,3 miliar euro (US$1,5 miliar) antara Februari dan Juli. Ini mengikuti kerugian tahun lalu dan hanya sedikit lebih rendah dari 1,5 miliar euro yang tercatat selama periode enam bulan pada 2019.

Penjualan mencapai 11,9 miliar euro atau naik 49% dari tahun lalu. Perusahaan mengatakan pendapatannya mencapai tertinggi 'bersejarah' pada kuartal kedua.

Baca juga: Tumbuh saat Pandemi, Amazon akan Rekrut 125 Ribu Pekerja

Laba bersih mencapai 851 juta euro selama periode Mei-Juli. Akan tetapi angka tersebut di bawah perkiraan analis yang disurvei oleh penyedia informasi keuangan Factset. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT