15 September 2021, 13:45 WIB

Balai Lelang SUN Rilis Platform Digital Serba-Serbi Pertama di Indonesia


Mediaindonesia.com | Ekonomi

DIGITALISASI belakangan ini hampir menyentuh semua lini terlebih lagi di era pandemi yang sementara masih terjadi. Begitu pun bisnis penyedia jasa lelang yang pertumbuhannya kian marak. 

Bicara ranah digitalisasi, PT Balai Lelang SUN sebagai salah satu penyedia jasa lelang yang sudah eksis sejak 2011 juga tak mau ketinggalan. Ikut masuk ke sektor tersebut, perusahaan itu memperkenalkan platform digital. Melalui platform digital Balai Lelang SUN yang baru diperkenalkan ini, cakupan lelangnya semakin luas. Ketika selama ini 100% bermain di seputar produk otomotif, khususnya roda empat, kini dengan platform digital, Balai Lelang SUN mulai merambah jasa lelang serba-serbi. 

"Sebagai salah satu balai lelang resmi yang menyediakan layanan lelang di Indonesia, dengan bangga kami perkenalkan inovasi platform digital ini. Bisa dikatakan, kami menjadi satu-satunya dan pertama di Indonesia, yang menyediakan jasa lelang serba-serbi," urai Jane Effendy, Direktur PT Balai Lelang SUN, di Grand Orchard Hotel, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (14/9). 

Inovasi ini dikatakan Jane dibuat untuk melayani masyarakat Indonesia. Semua lapisan masyarakat bisa terlibat dalam platform digital Balai Lelang SUN. Masyarakat dapat membeli dan menjual barang lelang, mulai dari kendaraan penumpang atau kendaraan niaga baru maupun seken, hingga sepeda motor. "Jadi buat mereka yang ingin membeli berbagai macam barang yang selama ini berseliweran di e-commerce juga bisa lewat lelang seperti laptop, ponsel pintar, tas, pakaian, sepatu, dan banyak lagi. Bahkan beli panci dan ikan cupang bisa juga kok," ujar Jane penuh semangat.

Division Head PT Balai Lelang SUN Remi Trianto mengatakan platform digital ini menyediakan opsi metode lelang onsite auction, live auction, dan online auction. Masing-masing opsi memiliki ciri khas dan dapat mendukung kebutuhan dalam mengikuti kegiatan lelang. "Onsite auction yakni peserta dapat langsung melakukan penawaran atau bidding di lokasi Balai Lelang SUN sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," ucap Remi. 

Di live auction, peserta dapat mengikuti lelang melalui website lelangsun.co.id sesuai jadwal yang telah ditentukan tanpa harus datang ke lokasi lelang. Timed auction yakni peserta dapat mengikuti lelang online di mana saja, hanya melalui platform digital Balai Lelang SUN secara real-time. 

Bagi mereka yang ingin masuk ke dalam platform digital Balai Lelang SUN, diakui Remi juga sangat mudah. Masyarakat tak perlu mengunduh aplikasi yang berisiko membuat kapasitas ruang penyimpanan ponsel pintar cepat penuh. Hanya butuh registrasi yang prosesnya sama seperti membuat email baru.

"Nanti semua tinggal mengikuti petunjuk yang ada. Bila memang ada yang ingin ditanyakan, bisa menghubungi customer service kami atau mengunjungi website www.lelangsun.co.id. Lalu temukan pengalaman mengikuti lelang dengan platform digital sesuai tagline kapan saja dan di mana saja," tukas Remi. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT