15 September 2021, 13:11 WIB

Empat Fasilitas Shopee agar UMKM Dapat Lakukan Ekspor


Mediaindonesia.com | Ekonomi

SEBAGAI bagian dari komitmen memastikan UMKM lokal memperoleh akses edukasi dan fasilitas agar dapat naik kelas, Shopee telah menghadirkan tiga Kampus UMKM di Solo dan Semarang, Jawa Tengah; dan Bandung, Jawa Barat. Fasilitas ini dibangun untuk memberikan pelayanan dan dukungan komprehensif dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan bagi UMKM yang mendapat pendampingan bisnis langsung dari tim Shopee. 

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan bahwa sebagai tonggak perekonomian Indonesia dan bagian dari keluarga besar e-commerce tersebut, pihaknya melihat bahwa UMKM harus diberikan wadah untuk terus bertumbuh.  "Kehadiran tiga Kampus Shopee Ekspor di Solo, Bandung, dan Semarang diharapkan semakin banyak UMKM di sekitarnya terbantu untuk naik kelas masuk ke ranah digital dan global melalui fasilitas dan layanan di Kampus UMKM Shopee Ekspor yang dirancang sesuai dengan kebutuhan UMKM," ujarnya melalui keterangan resmi di Jakarta, Rabu (15/9).

Kampus UMKM Shopee Ekspor menghadirkan empat fasilitas dan layanan. Pertama, bantuan operasional dan pendaftaran. Dalam hal ini pelaku UMKM dapat melihat simulasi gudang secara langsung berupa demonstrasi proses pengelolaan stok, mulai dari proses inbound hingga outbound barang. Pelaku UMKM memperoleh informasi serta prosedur dalam Program Ekspor Shopee. 

Fasilitas lain yaitu pelatihan dan edukasi. Di sini UMKM memperoleh informasi cara mulai berjualan serta pelatihan untuk pelaku UMKM mulai dari modul dasar (basic), menengah (intermediate), hingga lanjutan (advanced). Disediakan juga fasilitas penunjang seperti laptop dan smartphone agar pelaku UMKM dapat memahami beragam fitur Shopee.

Ada pula fasilitas penunjang pemasaran berupa studio foto dan live streaming room. Pasalnya, foto produk sangat krusial untuk pemasaran, sehingga keberadaan studio foto dapat menghasilkan foto produk dengan kualitas yang baik. Kemudian lewat fitur Shopee Live, perusahaan membantu para penjual membangun interaksi dengan para pembeli secara langsung. Fasilitas ini dilengkapi berbagai alat pendukung seperti background, tripod, lampu (ring light), dan bangku serta meja.

Fasilitas keempat yakni ruang pertemuan dan pelatihan. Ruang pertemuan menyediakan empat ruangan untuk pertemuan 1-on-1 antara pelaku UMKM dengan trainer yang didedikasikan untuk membantu para pelaku UMKM meningkatkan performa bisnisnya. Ruangan training berkapasitas sekitar 30 orang. Ruangan ini dirancang sebagai ruang pelatihan yang diadakan enam hari seminggu.

Sebagai informasi, Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo berada di Jalan Hasanudin Nomor 98, Punggawan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kampus UMKM Shopee Ekspor Bandung terletak di Jalan BKR Nomor 27, Pasirluyu, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jawa Barat. Kampus UMKM Shopee Semarang berada di Jalan Setia Budi Nomor 192, Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: Yuk, Rayakan Bulan Gemar Membaca dengan Lima Cara Seru Ini

Semua kampus buka setiap hari, kecuali Minggu, pukul 09.00 hingga 17.00 WIB dan khusus Sabtu tutup 15.00.
Handhika melanjutkan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah atas kepercayaannya bagi Shopee dalam mendorong dan mengembangkan UMKM. "Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, ke depan Shopee akan terus menumbuhkan UMKM melalui berbagai program dan inovasi yang kami hadirkan," tukasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT