14 September 2021, 11:31 WIB

Smesco Papua Event Dukung UMKM Bumi Cenderawasih Naik Kelas


Despian Nurhidayat | Ekonomi


UNTUK mendukung gelaran PON XX Papua 2021, Kementerian Koperasi dan UKM melalui Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM) atau Smesco Indonesia menggandeng Pemerintah Provinsi Papua, menginisiasi acara Smesco Papua Event 2021. Acara ini akan memperkenalkan berbagai potensi produk-produk dari UMKM Papua yang akan berlangsung pada tanggal 14-16 September 2021.

Smesco akan menyediakan akses pemasaran produk UKM lewat berbagai kanal yang terlibat secara khusus, dalam pameran di Gedung Smesco dan melalui program live shoping produk UMKM Lokal Brand Papua unggulan di website smesco.go.id dan kanal media sosial Smesco Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan bahwa PON XX Papua 2021 menjadi ajang yang tepat untuk memberikan panggung pada putra putri Papua, bukan saja dari sisi olahraga tapi juga dalam sisi ekonomi dalam hal ini produk UMKM Papua.

"Papua memiliki beragam narasi yang kaya dan produk yang potensial. Besar harapan saya momentum PON XX Papua 2021 ini dapat kita optimalkan untuk memunculkan UMKM lokal unggulan Papua untuk berjaya di pasar dalam negeri dan siap bersaing di pasar global melalui ekspor," ungkapnya dalam konferensi pers secara daring, Selasa (14/9).

Menurut Teten, kegiatan ini juga dapat membuka sinergi antara Kemenkop UKM, Smesco dan Pemerintah Provinsi Papua dalam mendorong digitalisasi pelaku UMKM Papua.

Smesco sendiri dikatakan sedang membangun ekosistem transformasi UMKM masa depan salah satunya Smesco hub timur yang diharapkan menjadi solusi logistik UMKM Papua, dukungan ekspor, pembiayaan dan bentuk pendampingan lainnya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata menambahkan, beberapa layanan yang akan difasilitasi Smesco yaitu, solusi logistik, di mana saat ini, Smesco mewujudkan inisiatif terbaru yang akan menjadi solusi logistik bagi para pelaku UMKM dari Papua dan daerah lain di Indonesia dalam hal pendistribusian produknya, yaitu Smesco Fulfillment Center (SFC) dan Smesco Indonesia Retail Network (SIREN).

"Smesco Fulfillment Center adalah sebuah fasilitas packing warehouse. Di sini kami kolaborasi dengan JNE dan YukBisnis, nantinya UMKM Papua bisa mengirim barang dengan harga ongkos kirim (ongkir) murah dan flat ke wilayah Barat dan Pusat Indonesia di luar Papua," kata Leo.

Selain itu, Smesco juga menyediakan layanan usaha lain bagi pelaku UMKM yakni Pusat KUR BRI, Xpora, Pusat Wastra Nusantara, Apindo UMKM Akademi, Smesco Labo, Sky Eat Cloud Kitchen & Retort Machine. (E-3)

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Setda Provinsi Papua Mohammad Musa'ad menegaskan bahwa dengan kolaborasi ini, potensi dari aset yang dimiliki oleh Papua akan dapat dimanfaatkan secara maksimal agar nantinya UMKM Papua dapat ikut meramaikan perdagangan UMKM nasional.

"Kegiatan ini penting, karena banyak aset Papua yang masih dalam bentuk potensi yang tidak mampu kami garap. Oleh karena itu, kami butuh bantuan untuk memanfaatkan potensi ini. Kami berharap agenda ini menjadi salah satu tanda kebangkitan UMKM Papua yang pada akhirnya nanti kita berharap UMKM Papua ikut mewarnai aktivitas bisnis di Indonesia," pungkas Musa'ad. (E-3)

BERITA TERKAIT