11 September 2021, 20:05 WIB

PT MEA Sabet Dua Penghargaan dalam Top BUMD Award 2021


Mediaindonesia.com | Ekonomi

KEBERADAAN badan usaha milik daerah (BUMD) dapat meningkatkan nama daerah pemiliknya. 

Hal itu dibuktikan oleh  PT Maluku Energi Abadi (MEA) yang  berhasil membawa nama Maluku ke kancah nasional dengan mendapatkan penghargaan pada ajang TOP BUMD Award 2021 yakni BUMD Aneka Usaha Bintang 3 dan TOP CEO BUMD 2021 yang diraih Direktur PT MEA, Musalam Latuconsina.  Acara digelar di Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (10/9/).

"Alhamdulillah, di umurnya yang belum genap 1 tahun, MEA berhasil meraih penghargaan nasional. Ini berkat arahan Bapak Industrialisasi Maluku Gubernur Murad Ismail yang bertekad membawa Maluku keluar dari zona kemiskinan melalui pengembangan industri berbasis sumber daya alam di seluruh Maluku," kata Direktur PT MEA, Musalam Latuconsina usai menerima penghargaan tersebut.

Sementara Menteri BUMN RI Erick Thohir, menegaskan pentingnya sinergi BUMN dan BUMD. Sinergi BUMN dan BUMD, perlu dikedepankan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.  “Sinergi antara BUMN dan BUMD yang punya kesamaan visi, perlu. Sinergi dan transformasi itu bagus untuk kepentingan rakyat,” kata Menteri Erick.

Ia mengatakan, setelah terdampak Covid-19 kini ekonomi Indonesia dalam tahap pemulihan, ada 10 propinsi yang sudah mencatat pertumbuhan positif. “Peran BUMD penting untuk jadi mitra serta menaikkan aktivitas usaha di daerah,” ujarnya.

Menteri Dalam Negeri, M.Tito Karnavian, menyambut baik kegiatan TOP BUMD Awards ini. Pasalnya, melalui kegiatan ini, BUMD akan terus terpacu untuk meningkatkan kinerja dan layanannya. 

"Sinergi yang saling menguntungkan antara BPD dan BPR, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pembiayaan UMKM di daerah. Mereka tidak perlu bersaing antar-sesama BUMD, namun justru bersinergi untuk saling menguatkan. Selain itu, BPD juga harus mendukung pengembangan bisnis BUMD-BUMD sektor lainnya," kata Tito dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Balitbang Kemendagri Agus Fathoni.

Mendagri juga menekankan pentingnya peran kepala daerah untuk terus membina dan mengarahkan BUMD. Agar, BUMD terus meningkat kinerja dan layanannya untuk membangun daerah sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional di masa normal baru. 
Kemendagri juga mengapresiasi upaya Pemda dan BUMD yang telah berupaya dengan cepat melakukan langkah mengatasi Covid-19. Upaya tersebut telah berlangsung dalam hal perlindungan ekonomi dan kesehatan.  “Salah satu konsekuensi otda adalah tumbuhnya ekonomi daerah untuk layani publik. Dan dalam hal ini BUMD harus mampu melayani masyarakat,” tutup Tito.

Ajang penghargaan TOP BUMD Awards 2021 (Badan Usaha Milik Daerah) kembali diberikan oleh majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta beberapa lembaga Tim Penilai.

Menurut Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2021, M.Lutfi Handayani mengatakan, kegiatan TOP BUMD Awards ini, diselenggarakan secara berkesinambungan setiap tahun, sejak tahun 2016.  TOP BUMD Awards 2021 ini, diikuti oleh 182 BUMD dari total sekitar 1.149 BUMD di Indonesia, atau meningkat 12%, dibanding tahun 2020 sebanyak 163 BUMD. 

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 172 BUMD yang mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk wawancara penjurian, atau meningkat sebesar 44% dari tahun 2020," ungkapnya. (RO/E-1)

BERITA TERKAIT