10 September 2021, 18:00 WIB

Holcim Jual Usahanya di Brasil ke CSN hingga Rp14,2 Triliun


Mediaindonesia.com | Ekonomi

PERUSAHAAN konstruksi Swiss, Holcim setuju menjual operasinya di Brasil kepada unit semen pembuat baja negeri itu, Companhia Siderurgica Nacional (CSN). Kesepakatan divestasi itu mencapai US$1 miliar (Rp14,2 triliun).

"Divestasi ini merupakan langkah lain dalam transformasi kami untuk menjadi pemimpin global dalam solusi bangunan inovatif dan berkelanjutan yang memberi kami fleksibilitas untuk terus berinvestasi dalam peluang pertumbuhan yang menarik," kata Chief Executive Holcim Jan Jenisch.

Kesepakatan senilai US$1,025 miliar itu termasuk lima pabrik semen terintegrasi Holcim, empat stasiun penggilingan, enam situs agregat, serta 19 fasilitas beton siap pakai. 

Bagi Holcim, yang bergabung dengan Lafarge Prancis pada 2015 dan merupakan produsen semen terbesar di dunia dan hadir di lebih dari 90 negara, transaksi ini akan memungkinkannya mengurangi rasio utangnya secara signifikan.

Baca juga: 51 Kementerian/Lembaga Sudah Asuransikan BMN

Pada April lalu perusahaan membeli Firestone Building Products, cabang dari Bridgestone Corporation Jepang di AS, seharga US$3,4 miliar. Upaya ini untuk melakukan diversifikasi ke pasar atap komersial. Kesepakatan itu menandai akuisisi signifikan pertama sejak kedatangan Jenisch pada 2017. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT