09 September 2021, 18:00 WIB

Sandiaga : Pelaku Usaha Kreatif Cirebon dapat Akses Pembiayaan Rp500 M dari PNM


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengaku akan bersinergi dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM Mekar Cirebon, Jawa Barat, agar meningkatkan ekonomi pelaku usaha kreatif.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat berkunjung dan beraudiensi dengan pengurus dan nasabah PNM Mekar Cirebon, Kamis (9/9).

"Jadi ada 190 ribu lebih nasabah Mekar dan Ulam. Secara agregat hampir setengah triliun atau Rp 500 Miliar. Setelah cek bisnis mereka, mengalami penurunan karena PPKM. Sebagian sudah bisa beradaptasi, sebagian lagi perlu kita bantu," ungkapnya dalam keterangan.

Kemenparekraf kata Sandiaga, telah berupa menggerakkan sektor ekonomi kreatif dengan meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia sehingga produksi seperti Batik dan anyaman sebagai produk unggulan dapat kembali terangkat. "Disinilah kita berkolaborasi dengan PNM, agar nasabah mekar naik menjadi nasabah Ulam dan dapat membuka lapangan kerja. Hasil PPKM yang baik ini tidak diikuti euforia yang dapat menularkan kasus baru," tutur Politisi Gerindra ini.

Menurut Sandiaga, kunci dari kebangkitan ekonomi Indonesia adalah dengan menjaga kesehatan dan protokol kesehatan terlebih dahulu barulah akan dibarengi dengan pemulihan ekonomi. "Cara ekonomi kita supaya pulih adalah sehat. Cara sehat adalah dengan vaksinasi dan protokol kesehatan. Setelah dua Minggu ada pelonggaran, ada peningkatan dari perdagangan produk ekonomi kreatif dan pariwisata," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Sandiaga meminta para turis ataupun tamu yang datang ke tempat pariwisata untuk belanja produk ekonomi kreatif di tempat pariwisata. "Harus jadi Rombongan Jadi Beli (Rojali), dan kalau beli harus Rogana (Rombongan Gak Boleh Nawar) karena membuat produk ekonomi kreatif itu sulit," tandasnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT