08 September 2021, 16:04 WIB

Traveloka Batal IPO di Wall Street


Insi Nantika Jelita |

Perusahaan agensi perjalanan daring Indonesia, Traveloka dikabarkan menghentikan pembicaraan untuk go public atau IPO di Wall Street, Amerika Serikat (AS).

Awalnya, rencana IPO Traveloka dengan menggunakan perusahaan cek kosong (blank check) atay Special Purpose Acquisition Company (SPAC) Bridgetown Holdings Ltd.

Direksi perusahaan itu disebut menghentikan sementara rencana listing dengan Bridgetown karena melihat antusiasme di pasar SPAC yang berkurang, dilansir Bloomberg Rabu (8/9).

Jika pasar pulih, Traveloka akan meninjau kembali pembicaraan dengan Bridgetown atau SPAC yang berbeda, kata salah satu sumber. Kedua belah pihak akan terus memantau situasi pasar dalam beberapa minggu mendatang.

SPAC sendiri merupakan perusahaan cangkang yang mengumpulkan uang dari investor melalui daftar atau listing, dinilai menjadi salah satu tren pasar global terpanas selama setahun terakhir. Dari US$461 miliar yang dikumpulkan secara global melalui IPO tahun ini, sekitar US$131 miliar dari SPAC.

Komisi Sekuritas dan Bursa AS telah meningkatkan pengawasannya tahun ini setelah adanya lonjakan penggalangan dana.

Bridgetown ditutup pada perdagangan Jumat pekan lalu di angka US$9,97, beda tipis dari level terendah yang pernah diraih US$9,71. Saham perusahaan itu pernah melonjak tinggi US$17,37 pada Februari lalu.

Traveloka sendiri telah melakukan pembicaraan dengan Bridgetown sejak sekitar April lalu, untuk mencari dana pertumbuhan guna memperluas jangkauan pasarnya, Bloomberg News melaporkan. Kesepakatan itu bisa membuat perusahaan bernilai sekitar US$5 miliar. (Bloomberg/OL-12)

BERITA TERKAIT