05 September 2021, 19:20 WIB

Ada Modus Penipuan Terkait BCA, Ini Tips untuk Menghindarinya


Despian Nurhidayat | Ekonomi

PT Bank Central Asia Tbk mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap modus penipuan, yang mengatasnamakan Bank BCA dalam beberapa hari terakhir.

"Terutama (penipuan) telepon dari nomor palsu seperti + 6221-1500888 / 021-500888, dan sebagainya. Para penipu ini dapat menggunakan aplikasi Fake Caller!," ungkap Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn, Minggu (5/9).

Hera pun memberikan tips agar masyarakat dapat terhindar dari aksi penipuan melalui tiga cara. Pertama, jangan pernah mengangkat telepon dari nomor mencurigakan, meski terlihat mirip dengan nomor resmi call centre.

Baca juga: YLKI: Indonesia Darurat Pinjol Ilegal, Perlu Adili Oknum

"Sebaiknya teman-teman tidak save nomor Halo BCA pada kontak di handphone. Sehingga, bisa melihat nomor telepon yang masuk, apakah benar nomor resmi Halo BCA 1500888 tanpa ada embel-embel +62, 021, atau apapun," imbuh Hera.

Kedua, jika mengangkat telepon dari nomor yang tidak dikenal, lalu penelpon memberikan informasi aktivitas mencurigakan pada kartu kredit/rekening/mobile banking milik Anda, tetap tenang dan jangan panik.

Baca juga: Nasabah Jenius BTPN Kena Bobol, Polres Jakut: Kami Periksa

"Kalau Anda melayani, maka kartu kredit, debit/ATM dan tabungan Anda bisa jebol. Jadi, segera matikan telepon tersebut. Sekali lagi, BCA tidak pernah minta data, seperti PIN ATM, nomor kartu ATM, PIN mobile banking, CVV Kartu Kredit, OTP dan data pribadi lainnya," tegasnya.

Adapun yang ketiga, lanjut dia, jika menemukan aktivitas mencurigakan, segera hubungi Halo BCA di 1500888; Twitter @HaloBCA; Email: halobca@bca.co.id; atau WhatsApp Bank BCA 08111500998.

"Mari kita sama-sama mengingatkan orang-orang terdekat untuk tidak mudah tertipu dengan tiga cara di atas," kata dia.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT