26 August 2021, 22:35 WIB

Solusi Masyarakat Urban Siasati Inflasi Gaya Hidup


mediaindonesia.com | Ekonomi

DUA tantangan yang harus dihadapi oleh sebagian besar masyarakat golongan milenial ialah inflasi dan penundaan untuk mulai berinvestasi oleh karena berbagai sebab. Layaknya peribahasa besar pasak daripada tiang bisa dibilang cukup tepat mewakili kondisi finansial sebagian masyarakat urban di perkotaan.
 
Mengutip sebuah studi 'Indonesia Gen Z and Millenial Report  2020' yang dirilis institusi riset pemasaran Indonesia, Alvara Research, bahwa sebagian masyarakat urban milenial di berbagai kota metropolitan di Indonesia mengakui bahwa mereka mengalami kesulitan menabung di masa pandemi covid-19.

Rata-rata pengeluaran kebutuhan rumah tangga rutin bulanan warga perkotaan yang berusia 25-40 tahun ini menghabiskan sebesar 57% dari total pemasukan. Selain tingginya pengeluaran rutin kebutuhan pokok bulanan, masyarakat urban harus berjuang untuk menyiasati inflasi gaya hidup atau yang juga dikenal dengan istilah lifestyle inflation.

Istilah ini menggambarkan kondisi perubahan perilaku dan kebiasaan yang mengakibatkan pengeluaran terus meningkat seiring dengan bertambahnya penghasilan. Pada umumnya, inflasi gaya hidup bersumber dari aspirasi untuk mendapatkan gaya hidup lebih premium tetapi pengeluaran juga mengejar, misalnya menikmati kopi kekinian tiap hari, bersantap di restoran trendi, beli smartphone atau gadget terbaru. Semua ini berkontribusi pada inflasi gaya hidup ketika diaplikasikan secara berlebihan.
 
Salah satu solusi keuangan yang dapat menjadi pilihan masyarakat urban di tengah dorongan perkembangan gaya hidup ialah dengan memanfaatkan produk Maybank Tabungan U/U iB. Solusi keuangan cerdas dan teranyar ini segera hadir pada awal September mendatang.


Baca juga: Mal Harus Berkonsep Baru Seperti Ini Agar Tetap Diminati

 
Maybank Tabungan U akan hadir dalam dua tipe yaitu konvensional dan Syariah (U iB) yang akan menjadi opsi menarik bagi semua kalangan mulai dari milenial, profesional muda, dan keluarga muda atau mereka yang menginginkan keleluasaan dalam mengatur keuangan yang semua serba #UptoU.
 
Ketika nasabah membuka Maybank Tabungan U/U iB, akan mendapatkan rekening 2 in 1 yang dapat diakses secara simultan yaitu U Transactional & U Goal Saver. Nasabah eksisting maupun yang belum bergabung dengan Maybank Indonesia akan dengan sangat mudah membuka Maybank Tabungan U/U iB melalui aplikasi digital banking M2U ID. Nasabah pun dapat bertransaksi keuangan hingga mengendalikan tabungannya hanya dengan mengandalkan jari dan smartphone saja.
 
Sukiwan, Head of Consumer, Maybank Indonesia mengatakan, pihaknya memahami pain points masyarakat yang berhubungan dengan proses administrasi di bank.

"Oleh karena itu, Maybank Indonesia telah menyiapkan solusi bagi para kaum muda dan digital savvy yaitu Maybank Tabungan U/U iB yang akan tergabung di dalam ekosistem digital M2U ID. Produk ini adalah wujud komitmen Maybank Indonesia dalam mengedepankan layanan perbankan digital yang prima dan inovatif bagi nasabah maupun masyarakat di Indonesia," ujar Sukiwan, dalam keterangannya, Rabu (26/8).
 
Menurut Sukiwan, Maybank Tabungan U/U iB dapat membantu nasabah untuk disiplin menyisihkan sebagian dananya untuk ditabung untuk keperluan di masa depan. Dana yang disisihkan ini relatif terjangkau yaitu mulai dari Rp100,000 per bulan, yang hampir setara dengan harga 2 gelas kopi kekinian berukuran besar.
 
Selain itu, yang cukup menarik ialah dengan behaviour generasi Y dan generasi Z yang cenderung konsumtif jika dibandingkan dengan para pendahulunya, Maybank Tabungan U/U iB dapat menjadi sarana penyimpanan dana yang bisa terus bertambah saldonya apabila semakin banyak digunakan untuk bertransaksi belanja melalui U Debit Card & QRIS Maybank Tabungan U/U iB. Terdapat cashback menarik hingga 10% yang dapat dinikmati nasabah dari beragam merchant rekanan. (RO/S-2)

BERITA TERKAIT